Kelompok Tani Kasiak Jamur Tiram Binaan Supardi Menjamur ke Hampir Seluruh Kelurahan di Payakumbuh

×

Kelompok Tani Kasiak Jamur Tiram Binaan Supardi Menjamur ke Hampir Seluruh Kelurahan di Payakumbuh

Bagikan berita
Sebanyak 117 mahasiswa STKIP Pariaman mengunjungi Gapoktan Kasiak Payolinyam mengolah jamur tiram binaan bapak Supardi selama 2 hari, Sabtu-Minggu 19-20 Oktober 2024.
Sebanyak 117 mahasiswa STKIP Pariaman mengunjungi Gapoktan Kasiak Payolinyam mengolah jamur tiram binaan bapak Supardi selama 2 hari, Sabtu-Minggu 19-20 Oktober 2024.

KUPASONLINE.COM -Kelompok Tani Hutan dankelompok tani Kasiak Jamur Tiram kelurahan Payolinyam Tigo Koto Dibaruah, kecamatan Payakumbuh Utara, binaan mantan ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat Supardi telah sukses membawa muka Payakumbuh ke luar daerah, hingga ke manca negara.

Dikota Payakumbuh sendiri, budi daya Jamur Tiram tersebut sudah menjamur di 5 kecamatan sampai menembus ke 47 kelurahan di kota Payakumbuh.

Hal ini dibuktikan dengan banyaknya kunjungan dari berbagai daerah dan menjadi pusat pelatihan bagi mahasiswa di Sumatera Barat, terakhir sebanyak 117 mahasiswa mengadakan kunjungan belajar kewirausahaan program studi pendidikan ekonomi dan pendidikan guru sekolah dasar STKIP Pariaman, 19-20 Oktober 2024.

Ketua RT 5 kelurahan Payolinyam Tigo Dibaruah Yumi Tarlis, menyebutkan, tumbuh berkembangnya budi daya Jamur Tiram ini berkat binaan mantan ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat bapak Supardi berkolaborasi dengan dinas kehutana Provinsi Sumatera Barat dan dinas Pertanian Payakumbuh.

Kunjungan dari berbagai sekolah, mahasiswa, kelompok-kelompok tani lainnya tidak berhenti sejak tumbuh berkembangnya usaha ini.

"Untuk itu terimakasih kami sampaikan kepada para dosen dan mahasiswa STKIP Pariaman yang telah melaksana temu studi ke kelompok tadi hutan di sini. Semoga kunjungan ini bermamfaat bagi kita semua,"ujar Yumi Tarlis.

Kemudian, salah seorang petani milinial Kasiak Yoke, menyebutkan, budi daya Jamur Tiram berdiri aktif sejak 2010 yang langsung dibina oleh mantan ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat bapak Supardi bersama dinas Kehutanan Provinsi dan dinas Pertanian Payakumbuh.

Hasil dari binaan bapak Supardi ini, telah menjamur ke hampir seluruh kelurahan di Payakumbuh. Produksi Jamur Tiram ini diantaranya Rendang Jamur Tiram, Stike Jamur Tiram dan Naget Jamur Tiram. Ketiga produk ini sudah menembus ibu kota Jakarta dan tampil di tingkat nasional seperti kemaren di bazar Pekan Raya Jakarta, kemudian berlanjut ke Kualalumpur Malaysia.

"Pengolahan Jamur Tiram tidak memakai alat pengawet atau bahan kimia. Semuanya alami. Terhadap hadirnya produk Payakumbuh berupa Jamur Tiram di Jakarta kemaren, banyak para pengusaha UMKM Jakarta meminta kembali agar 3 macam Jamur Tiram tersebut di kirim sebanyak-banyaknya ke Jakarta. Inilah salah satu keunggulan Jamur Tiram yang dibina oleh bapak Supardi,"ujar Yoke.

Dikesempatan itu, Alfadillah Hasansalah seorang dosen kewirausahaan STKIP Pariaman menyebutkan, dengan berhasilnya warga kelurahan Payolinyam Tigo Koto Dibaruah, kecamatan Payakumbuh Utara mengelola budi daya Jamur Tiram hingga menembus manca negara inilah kami memilih tempat buat anak-anak mahasisiswa untuk berkunjung dalam rangka kunjungan belajar kewirausahaan program studi pendidikan ekonomi dan pendidikan guru sekolah dasar STKIP Pariaman.

Editor : Sri Agustini
Bagikan

Berita Terkait
Terkini