Kota Padang Raih Capaian Sejarah Baru, Investasi Tembus 2,02 Triliun Rupiah!

×

Kota Padang Raih Capaian Sejarah Baru, Investasi Tembus 2,02 Triliun Rupiah!

Bagikan berita
Kota Padang Raih Capaian Sejarah Baru, Investasi Tembus 2,02 Triliun Rupiah!
Kota Padang Raih Capaian Sejarah Baru, Investasi Tembus 2,02 Triliun Rupiah!

KUPASONLINE.COM– Pemerintah Kota Padang menunjukkan kinerja yang mengesankan menjelang akhir tahun 2024, terutama di sektor investasi yang berhasil menembus angka 2,02 triliun rupiah pada semester pertama. Capaian ini tidak hanya melampaui target investasi tahunan yang ditetapkan oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) sebesar 1,904 triliun rupiah, tetapi juga menciptakan sejarah baru bagi perekonomian kota ini.

Penjabat Wali Kota Padang, Andree Algamar, mengungkapkan rasa syukurnya atas pencapaian tersebut saat diwawancarai di sela-sela kegiatan aksi bersih pantai oleh ASN Pemko Padang. “Ini adalah momen bersejarah bagi kami. Tidak pernah sebelumnya nilai investasi, terutama untuk Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN), dapat memenuhi target, apalagi melebihi target. Pada triwulan kedua saja, nilai PMDN kita sudah mencapai dua kali lipat dari target,” ujarnya.

Andree juga mengapresiasi dukungan dari berbagai pihak, termasuk masyarakat, Ninik Mamak, pelaku usaha, dan aparatur Pemko Padang. Ia menekankan pentingnya iklim investasi yang kondusif untuk menarik lebih banyak pelaku usaha. “Dengan meningkatnya investasi, akan ada lebih banyak lapangan kerja dan peluang ekonomi bagi warga Kota Padang,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Swesti Fanloni menjelaskan bahwa ada dua target investasi untuk Kota Padang. Target pertama adalah dari BKPM sebesar 1,904 triliun rupiah dan yang kedua dari RPJMD senilai 1,003 triliun rupiah untuk PMDN dan PMA.

“Alhamdulillah, per triwulan dua ini, kita sudah melampaui kedua target tersebut. Dari 1,003 triliun yang ditargetkan dalam RPJMD, kita sudah mencapai 2,025 triliun rupiah. Pencapaian terbesar datang dari realisasi PMDN yang mencapai 1,855 triliun rupiah atau 247,33% dari target,” paparnya.

Swesti juga membandingkan pencapaian ini dengan semester pertama tahun 2023, di mana nilai PMDN hanya sebesar 30,15%. “Dengan arahan dari Bapak Pj Wako, kami optimis nilai investasi di Kota Padang akan terus meningkat menjelang akhir tahun,” tutupnya.

Dengan pencapaian yang menggembirakan ini, Kota Padang menunjukkan bahwa ia siap bersaing dan menjadi destinasi investasi yang menarik di Indonesia.(*)

Baca juga berita terkait Kota Padang lainnya di Google News

Editor : Wanda Nurma Saputri
Bagikan

Berita Terkait
Terkini