Misi Safaruddin Nyata, Terbukti Sejumlah Nagari Ukir Prestasi Tingkat Nasional

×

Misi Safaruddin Nyata, Terbukti Sejumlah Nagari Ukir Prestasi Tingkat Nasional

Bagikan berita
Misi Safaruddin Nyata, Sejumlah Nagari Ukir Prestasi Tingkat Nasional.
Misi Safaruddin Nyata, Sejumlah Nagari Ukir Prestasi Tingkat Nasional.

"Lebih kurang dua bulan kedepan kami menjabat bupati Limapuluh Kota. Kami berkomitmen, visi yang dirintis Pak Safaruddin sebagai bupati dalam mewujudkan Limapuluh Kota madani, beradat, dan berbudaya dalam kerangka adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah harus dilaksanakan jajaran pemerintah daerah,"tegasnya.

Terkait hal itu, Pjs bupati Ahmad Zakri meminta para ASN yang bertugas di Limapuluh Kota harus menanamkan core values ASN BerAKHLAK (Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif).

"Core value 'BerAKHLAK' bertujuan untuk membentuk suatu budaya kerja, yakni pelayanan ASN kepada masyarakat yang bersifat prima dan paripurna sehingga menghasilkan capaian kinerja yang apik. Core value itu sangat penting untuk menciptakan budaya kerja, dan budaya kerja itu sangat penting untuk menampilkan hasil kinerja yang apik,"ulas Pjs bupati Ahmad Zakri.

Sementara itu, M. Fajar Rillah Vesky, menyebut pemerintah daerah dibawah kepemimpinan bupati Safaruddin Dt.Bandaro menurutnya sangat pro-nagari. Menurut Fajar Rillah Vesky yang merupakan putera kandung Walinagari Situjuah Batua Don Vesky Dt Tan Marajo, banyak data dan fakta menunjukkan Pemerintah Daerah berhasil dalam membangun nagari di Limapuluh Kota.

"Berdasarkan data Indeks Desa Membangun (IDM) yang diterbitkan Kemendes-PDT. Pada tahun 2021 atau awal Bupati Safaruddin menjabat, dari 79 nagari di Limapuluh Kota, 2 nagari masih tertinggal, 19 nagari berkembang, 53 nagari maju, dan hanya 5 nagari berstatus mandiri. Sedangkan 2024 ini, dari 79 nagari, 1 nagari masih tertinggal dan 1 nagari berkembang. Sisanya, 34 nagari sudah berstatus maju dan 44 nagari sudah mandiri,"kata Fajar Rillah Vesky.

Menurut Fajar, Indeks Desa Membangun yang dirilis Kemendes-PDT ini menandakan, pencapaian luar biasa Kabupaten Limapuluh Kota. "Bayangkan. Dulu, tahun 2021 itu, hanya 5 nagari yang berstatus mandiri. Dalam tiga tahun atau 2024, sudah 44 nagari yang berstatus mandiri.

"Menaikkan nagari status maju menjadi mandiri itu, tentu tidaklah mudah. Tentu ada supervisi, intervensi program, kegiatan, dan pendampingan dari pemda dipimpin bupati Safarudin Dt Bandaro Rajo,"terang Fajar Vesky. (nura)

Baca berita terkait Kabupaten Limapuluh Kota Lainnya di Google News

Editor : Wanda Nurma Saputri
Bagikan

Berita Terkait
Terkini