Pemko Padang dan Pemkab Mentawai Perkuat Kerja Sama Lewat PKS

×

Pemko Padang dan Pemkab Mentawai Perkuat Kerja Sama Lewat PKS

Bagikan berita
Pemko Padang dan Pemkab Mentawai Perkuat Kerja Sama Lewat PKS
Pemko Padang dan Pemkab Mentawai Perkuat Kerja Sama Lewat PKS

KUPASONLINE.COM - Pemerintah Kota Padang dan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai resmi mengukuhkan hubungan kerja sama mereka melalui penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) di empat bidang penting. Acara ini berlangsung di ruang pertemuan Bappeda Kabupaten Kepulauan Mentawai sebelum pelaksanaan Rapat Staf Bulanan Pemko Padang, pada Minggu (13/10/2024).

Penandatanganan ini dihadiri oleh Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy, yang menegaskan pentingnya sinergi antara pemerintah daerah.

PKS pertama yang ditandatangani adalah mengenai promosi destinasi dan pengembangan ekonomi kreatif pariwisata, yang melibatkan Dinas Pariwisata Kota Padang dan Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Kepulauan Mentawai. Kerja sama kedua berfokus pada penanggulangan bencana, di mana BPBD Kota Padang berkolaborasi dengan BPBD Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Selain itu, PKS juga mencakup ketersediaan dan distribusi, serta pengembangan sumber daya manusia di bidang perikanan, yang melibatkan Dinas Perikanan dan Pangan Kota Padang serta Dinas Perikanan Kabupaten Kepulauan Mentawai. Terakhir, penandatanganan juga menyangkut ketersediaan dan distribusi di bidang pangan, antara Dinas Perikanan dan Pangan Kota Padang dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Penjabat Wali Kota Padang, Andree Algamar, menyatakan bahwa PKS ini akan semakin memperkuat hubungan antara kedua daerah.

"Kota Padang dan Mentawai adalah saudara yang saling membantu. Melalui PKS ini, kedua daerah akan saling menguatkan," ujarnya.

Andree juga memberikan apresiasi kepada Plt Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy, atas kehadirannya yang menunjukkan komitmen sinergitas antara pemerintah kabupaten dan provinsi.

"Kehadiran Plt Gubernur menunjukkan bahwa kolaborasi antara pemerintah daerah dan provinsi berjalan dengan baik," tambahnya.

Di kesempatan yang sama, Andree menyampaikan ucapan selamat ulang tahun kepada Kabupaten Kepulauan Mentawai yang baru merayakan hari jadi ke-25 dan telah resmi lepas dari status daerah tertinggal, terdepan, dan terluar.

Sementara itu, Pj Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai, Fernando J Simanjuntak, menyambut positif penandatanganan PKS tersebut. Ia berharap kunjungan pejabat Pemko Padang ke Mentawai akan memberikan kesan positif dan mendukung pengembangan pariwisata premium yang berdampak pada Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Editor : Wanda Nurma Saputri
Bagikan

Berita Terkait
Terkini