TMMD 122, Kodim 0914/TNT Laksanakan Upacara HUT 79 TNI

×

TMMD 122, Kodim 0914/TNT Laksanakan Upacara HUT 79 TNI

Bagikan berita
TMMD 122, Kodim 0914/TNT Laksanakan Upacara HUT 79 TNI
TMMD 122, Kodim 0914/TNT Laksanakan Upacara HUT 79 TNI

KUPASONLINE.COM – Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Makodim 0914/Tnt Jl. Padat Karya Desa Sebidai Kec. Sesayap Kabupaten Tana Tidung, Sabtu (5/10/2024), berlangsung khidmat. Bertindak sebagai inspektur upacara Kapten Inf Tripujiono Pasipers Kodim 0914/TNT. dan selaku Komandan upacara Kapten Inf Soefyan Hardjono S.Sos.

HUT ke-79 TNI mengangkat tema “TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawasi Suksesi Kepemimpinan Nasional untuk Indonesia Maju”. Panglima TNI, Jenderal TNI Agus Subiyanto, dalam amanat tertulisnya yang dibacakan oleh inspektur upacara mengatakan, tema peringatan HUT ke-79 TNI sangat relevan dalam merefleksikan cita-cita, semangat dan tujuan TNI sebagai prajurit yang profesional, responsif, integratif, modern, dan adaptif. Prajurit TNI harus memiliki kemampuan dasar tempur, mahir bela diri taktis, sekaligus mampu menggunakan dan memelihara alutsista berteknologi tinggi.

Setiap prajurit dituntut mengedepankan tugas dan kepentingan rakyat di atas kepentingan pribadi sekecil apapun sikap dan tindakan primitif akan mengganggu bahkan merusak jati diri TNI sebagai tentara rakyat tentara pejuang tentara nasional dan tentara profesional setiap prajurit TNI haruslah bekerja keras dan bekerja iklas dengan memaksimalkan kemampuan memanfaatkan peluang peduli lingkungan sekitar dan bertanggung jawab terhadap tugas yang dilaksanakan dengan didorong semangat gotong royong dan berbaur bersama komponen bangsa sesuai dengan tema Indonesia maju pada kesempatan ini saya juga ingin menyampaikan rasa hormat dan apresiasi saya kepada seluruh prajurit atas dedikasi dan integrasi integritas dalam menjalankan tugas sehingga TNI sampai saat ini terus mendapat kepercayaan dan tempat di hati rakyat Indonesia namun hal itu janganlah menjadi kita lengah dan berbangga hati masih ada hal-hal yang harus kita benahi sehingga TNI yang kita cintai dan kita banggakan ini benar-benar menjadi menjaga utama kedaulatan bangsa menjaga keutuhan wilayah NKRI berdasarkan Pancasila dan undang-undang dasar 1945 serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari segala ancaman dan gangguan

Makna yang terkandung dalam tema tersebut yaitu bahwa prajurit TNI sebagai pilar pertahanan negara memiliki peran dan tanggung jawab dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah bangsa,

Peringatan HUT TNI Ke-79 merupakan untuk menghormati sejarah perjuangan TNI dalam mempertahankan kemerdekaan dan kedaulatan Negara yang dilaksanakan setiap tanggal 05 Oktober setiap tahun. Peringatan ini juga bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya peran TNI dalam menjaga keamanan dan ketahanan nasional.(*)

Editor : Wanda Nurma Saputri
Bagikan

Berita Terkait
Terkini