Prof. Ganefri Soroti Peran AI dalam Pendidikan pada Konaspi XI di Unesa

×

Prof. Ganefri Soroti Peran AI dalam Pendidikan pada Konaspi XI di Unesa

Bagikan berita
Prof. Ganefri Soroti Peran AI dalam Pendidikan pada Konaspi XI di Unesa
Prof. Ganefri Soroti Peran AI dalam Pendidikan pada Konaspi XI di Unesa

KUPASONLINE.COM - Prof. Ganefri, Ph.D., seorang akademisi senior dan mantan Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) periode 2016-2024, tampil sebagai pemateri utama dalam Kongres Nasional Pendidikan (Konaspi) XI yang berlangsung di Universitas Negeri Surabaya (Unesa) pada 8-11 Oktober 2024. Dalam forum nasional yang diadakan dua tahun sekali ini, Prof. Ganefri membawakan materi bertajuk "Guru Masa Depan."

Salah satu poin utama yang disampaikan Prof. Ganefri adalah pentingnya peran Artificial Intelligence (AI) dalam dunia pendidikan, terutama dalam empat domain utama, yaitu pembelajaran, pengajaran, assessment, dan administrasi.

Menurutnya, AI dapat meningkatkan kualitas pendidikan secara signifikan, namun hal tersebut bergantung pada kemampuan para guru dan dosen untuk beradaptasi dengan teknologi tersebut.

"Pembelajaran masa depan harus adaptif, terutama dalam pendekatannya. Guru akan menjadi motor penggerak perubahan jika mereka mampu menguasai kompetensi digital abad ke-21, termasuk keterampilan dan literasi digital yang harus terintegrasi dalam materi ajar," jelas Prof. Ganefri.

Ia juga menekankan pentingnya delapan keterampilan digital yang harus dimiliki oleh pendidik untuk menghadapi perkembangan teknologi yang semakin pesat.

Kegiatan Konaspi XI ini dihadiri oleh lebih dari 4.000 peserta, yang terdiri dari pimpinan Perguruan Tinggi Negeri Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (PTN LPTK), dosen dari 12 LPTK di Indonesia, serta mahasiswa Unesa. Acara ini pun dinilai sebagai salah satu yang tersukses dalam sejarah penyelenggaraan Konaspi, baik dari segi jumlah peserta maupun pelaksanaannya.

Prof. Ganefri berharap, melalui kegiatan seperti Konaspi XI, para pendidik dapat lebih siap menghadapi tantangan pendidikan masa depan yang semakin berbasis teknologi, serta mampu memanfaatkan AI untuk menciptakan pembelajaran yang lebih efektif dan efisien.(*)

Baca berita terkait Pendidikan lainnya di Google News

Editor : Wanda Nurma Saputri
Bagikan

Berita Terkait
Terkini