Tingkatkan Kesadaran Lalu Lintas, Dishub Sumbar Gelar Pekan Aksi Keselamatan di Padang Panjang

×

Tingkatkan Kesadaran Lalu Lintas, Dishub Sumbar Gelar Pekan Aksi Keselamatan di Padang Panjang

Bagikan berita
Tingkatkan Kesadaran Lalu Lintas, Dishub Sumbar Gelar Pekan Aksi Keselamatan di Padang Panjang
Tingkatkan Kesadaran Lalu Lintas, Dishub Sumbar Gelar Pekan Aksi Keselamatan di Padang Panjang

KUPASONLINE.COM - Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) melaksanakan Pekan Aksi Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan di Halaman Pusat Dokumentasi Informasi Kebudayaan Minangkabau (PDIKM) Kota Padang Panjang pada Sabtu, 4 Oktober 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya keselamatan berlalu lintas.

Acara ini didanai melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Sumbar dengan pokok pikiran dari Anggota DPRD Provinsi Sumbar periode 2019-2024, Mesra. Pembukaan acara dihadiri oleh Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sumbar, Dedi Diantaulani, serta berbagai pejabat daerah, termasuk Forkopimda dan kepala dinas perhubungan dari beberapa daerah.

Dalam sambutannya, Dedi Diantaulani menekankan bahwa keselamatan di jalan merupakan aspek krusial dalam kehidupan sehari-hari.

“Lalu lintas adalah bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan kita, oleh karena itu penting untuk menyadari semua hal yang diperlukan saat berkendara,” ujarnya.

Ia juga mencatat bahwa angka kecelakaan di Sumbar sudah mencapai 3.722 kejadian, dengan 480 korban jiwa yang sebagian besar berasal dari kalangan remaja. Dedi mengingatkan pengendara untuk tetap fokus saat berkendara dan tidak teralihkan oleh hal lain.

Mesra, sebagai anggota DPRD, menambahkan bahwa acara ini penting untuk mengurangi jumlah kecelakaan lalu lintas. “Banyak masyarakat yang berkendara, terutama pengendara sepeda motor, yang masih tidak menggunakan helm, melanggar kapasitas penumpang, bahkan mengemudi dengan kecepatan tinggi,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dishub Padang Panjang, Arkes Refagus, menyatakan bahwa pelajar pelopor keselamatan akan dilibatkan dalam dialog interaktif mengenai keselamatan berlalu lintas. “Kami berharap kegiatan ini dapat membangun kembali kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas,” tuturnya.

Kegiatan Aksi ini juga dimeriahkan dengan penampilan artis Minang, Upiak Isil, yang menghibur pengunjung, serta berbagai kegiatan lain seperti pembagian helm, dialog interaktif, Dendang Kim, dan lomba mewarnai yang diikuti oleh anak-anak dari TK Padang Panjang.

Kegiatan ini diharapkan tidak hanya meningkatkan kesadaran akan keselamatan berlalu lintas tetapi juga membangun rasa tanggung jawab bersama dalam menciptakan kondisi lalu lintas yang lebih aman.(*)

Baca berita terkait DPRD Sumbar lainnya di Google News

Editor : Wanda Nurma Saputri
Bagikan

Berita Terkait
Terkini