Kota Payakumbuh Bakal Gelar Live Stock Expo Tingkat Provinsi

×

Kota Payakumbuh Bakal Gelar Live Stock Expo Tingkat Provinsi

Bagikan berita
Plt. Asisten II Walikota Payakumbuh, Wal Asri saat digelarnya rapat koordinasi, Rabu 2 Oktober 2024
Plt. Asisten II Walikota Payakumbuh, Wal Asri saat digelarnya rapat koordinasi, Rabu 2 Oktober 2024

KUPASONLINE.COM - Jika tidak ada aral melintang, kontes ternak dan love stock Expo tingkat Provinsi Sumatra Barat akan berlangsung mulai tanggal 22 sampai 24 Oktober 2024 di pasar ternak kota Payakumbuh, kelurahan Payobasung, kecamatan Payakumbuh Timur.

Pagelaran kontes ternak ini merupakan rangkaian kegiatan guna memotivasi para peternak dalam menghasilkan bibit ternak unggul untuk menuju swasembada pangan, terutama dalam hal ini produksi daging.

“Swasembada pangan sangat penting untuk masa depan yang lebih baik. Dan kedepannya, kita bisa lebih baik lagi mengelola beras dan swasembada lainnya,”ujar Plt. Asisten II Walikota Payakumbuh, Wal Asri saat digelarnya rapat koordinasi, Rabu 2 Oktober 2024.

Oleh sebab itu, pemerintah kota Payakumbuh matangkan persiapan untuk pelaksanaan kontes ternak dan live stock Expo tingkat Provinsi Sumatra Barat tahun 2024.

Dikesempatan itu, Plt. Asisten II Walikota Payakumbuh, Wal Asri didampingi wakil ketua DPRD kota Payakumbuh, Vebriadi, sekretaris Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Provinsi Sumatra Barat, Drh. Zed Abbas.

Rakor yang dihelat di ruang pertemuan Randang lantai II kantor Wali Kota Payakumbuh itu juga dihadiri Danramil 01/Payakumbuh, Kapolres Payakumbuh yang mewakili, kepala OPD teknis terkait, ketua LPM, dan ketua karang taruna Koto Panjang, kelurahan Payobasung.

Selain menjadi salah satu ajang apresiasi pemerintah kepada peternak, digelarnya kontes ternak ini menurut Wal Asri juga memiliki dampak positif terhadap perekonomian masyarakat. Dimana nantinya ternak pemenang kontes dapat memberikan perputaran ekonomi yang baik bagi masyarakat, karna akan dinilai lebih tinggi lagi.

"Dengan adanya acara seperti Kontes Ternak dan Expo Pangan 2024 ini, diharapkan Sumatra Barat terkhusus kota Payakumbuh dapat terus meningkatkan swasembada pangan dan memperbaiki gizi masyarakatnya, serta menekan angka stunting secara signifikan,"imbuhnya.

Dalam mensukseskan iven kontes ternak dan live stock Expo tingkat Provinsi Sumatra Barat, terdapat dua kategori kegiatan yang akan digelar, yakni kegiatan utama dan kegiatan pendukung. Dimana untuk kategori kegiatan utama terbagi juga dalam tiga jenis kegiatan, yakni Kontes ternak (terbagi dalam 7 kategori), Kelas extreme (terbagi dalam 3 komoditi), dan kegiatan Live stock Expo (penilaian stand pameran dari seluruh stand kabupaten dan kota).

"Kemudian juga untuk kegiatan pendukung terdapat 9 sub kategori yang akan dihelat mensukseskan kontes ternak dan live stock Expo tingkat Provinsi Sumatra Barat tahun 2024,"sebut Wal Asri.

Editor : Wanda Nurma Saputri
Bagikan

Berita Terkait
Terkini