Peringatan Hari Jadi Sumbar ke-79: Pengembangan Potensi Daerah dan SDM Unggul Jadi Fokus Utama

×

Peringatan Hari Jadi Sumbar ke-79: Pengembangan Potensi Daerah dan SDM Unggul Jadi Fokus Utama

Bagikan berita
Peringatan Hari Jadi Sumbar ke-79: Pengembangan Potensi Daerah dan SDM Unggul Jadi Fokus Utama
Peringatan Hari Jadi Sumbar ke-79: Pengembangan Potensi Daerah dan SDM Unggul Jadi Fokus Utama

KUPASONLINE.COM - Malam resepsi peringatan Hari Jadi Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) yang ke-79 digelar di Istana Gubernur Sumbar pada Selasa (1/10). Acara ini dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, termasuk Ketua sementara DPRD Sumbar, Irsyad Syafar, yang menyampaikan pesan kuat tentang pentingnya pengembangan potensi daerah dan peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Dalam sambutannya, Irsyad Syafar menekankan bahwa tema "Sumbar Maju Bermartabat" harus dimaknai dengan serius, khususnya dalam hal pengembangan potensi lokal dan penguatan PAD. Menurutnya, upaya kemajuan yang dilakukan di berbagai sektor harus diarahkan untuk membentuk Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, cerdas, dan madani. SDM yang kuat ini, diharapkan mampu memberikan kontribusi lebih besar dalam pembangunan daerah serta membantu Sumbar untuk berdiri di atas kaki sendiri.

"Dengan SDM yang unggul, cerdas, dan madani, kesejahteraan masyarakat akan meningkat, yang secara otomatis akan berdampak positif pada pembangunan di semua sektor," ujar Irsyad.

Ia juga menyoroti pentingnya belajar dari sejarah masa lalu yang kaya akan pemikir ulung dari tanah Minang. Irsyad mengajak masyarakat untuk merenung dan memanfaatkan kekayaan sejarah ini sebagai pijakan untuk mengarahkan Sumbar ke masa depan yang lebih baik. Ia mengingatkan kembali tokoh-tokoh besar seperti Mohammad Yamin, yang gagasannya turut melahirkan Piagam Jakarta dan cikal bakal Pancasila, serta Mohammad Hatta, Wakil Presiden pertama yang juga dikenal sebagai Bapak Ekonomi Indonesia.

Tokoh-tokoh lainnya seperti Tan Malaka, dengan pemikiran progresifnya yang terus hidup di kalangan kaum revolusioner, dan Buya Hamka, bersama Agus Salim yang terkenal dengan diplomasi dan lobi internasional, turut disebut oleh Irsyad sebagai cermin kejayaan pemikiran Minang di masa lalu.

Namun, Irsyad menyayangkan minimnya kehadiran generasi baru dari Minang yang mampu membawa pemikiran segar dan representatif di kancah politik nasional. Ia menegaskan bahwa elite-elite yang ada saat ini sering kali tidak mencerminkan budaya Minang yang sesungguhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Plt Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy, menekankan pentingnya mengedepankan pembangunan berkelanjutan dan kearifan lokal sebagai langkah utama menuju masa depan Sumbar yang lebih baik. Dengan mengusung tema "Sumbar Maju Bermartabat," Audy berharap seluruh elemen masyarakat dapat bersinergi untuk membawa Sumbar lebih maju dan sejahtera.

"Perjalanan 79 tahun Sumbar ini merupakan perjalanan yang luar biasa dan sejalan dengan usia negara kita, Indonesia. Mari kita bersama-sama melangkah menuju masa depan yang cerah dengan mengutamakan pembangunan berkelanjutan, memegang teguh kearifan lokal, dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat," tutup Audy.

Acara peringatan Hari Jadi Sumbar ke-79 ini diharapkan menjadi momentum untuk refleksi dan aksi nyata dalam memajukan provinsi Sumatera Barat di masa depan.(*)

Editor : Wanda Nurma Saputri
Bagikan

Berita Terkait
Terkini