Pemkab Solsel Gelar Rapat Koordinasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit

×

Pemkab Solsel Gelar Rapat Koordinasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit

Bagikan berita
Pemkab Solsel Gelar Rapat Koordinasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit
Pemkab Solsel Gelar Rapat Koordinasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit

KUPASONLINE.COM - Dalam upaya untuk melakukan pencegahan dan pengendalian penyakit, Pemerintah Kabupaten Solok Selatan melaksanakan Rapat Koordinasi Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P).

Bupati Solok Selatan yang diwakili oleh Sekretaris Daerah H. Syamsurizaldi mengatakan P2P ini merupakan tanggung jawab bersama seluruh sektor pemerintah.

"Pertemuan ini adalah untuk melihat dan mengevaluasi pelaksanaan program kesehatan serta dapat menjadi rumusan strategi ke depannya melalui lintas sektor. Diharapkan pertemuan ini menghasilkan poin-poin penting yang dapat digunakan untuk merangkul potensi sumber daya manusia untuk penaanggulangannya," kata Syamsurizaldi dalam pembukaan rakor di Hotel Pesona Alam Sangir, Kamis (22/8/2024).

Dia melanjutkan, saat ini Solok Selatan dihadapkan dengan kasus cikungunya yang sangat berisiko. Pada lokasi yang sama saat ini juga tengah diadakan MTQ Tingkat Kabupaten di Sungai Pagu sehingga dengan berkumpulnya orang ini ditakutkan akan menjadi perantara penyebaran kasus tersebut.

"Ini menjadi tantangan bagi kita semua," imbuhnya.

Dari kasus ini, menurut Sekda, menjadi cerminan pentingnya dukungan dari lintas sektor kita tidak dapat mencapai target yang diinginkan. Seluruh pihak perlu bersinergi terhadap persoalan pencegahan dan pengendalian penyakit ini.

Negara saat ini dalam kondisi beban ganda, artinya di satu sisi tengah menghadapi penyakit menular masih menjadi masalah masyarakat yang masih belum hilang. Pada waktu bersamaan, penyakit tidak menular seperti stroke, diabetes melitus, kanker, dan lainnya masih mengancam masyarakat akibat gaya hidup masyarakat yang tidak baik.

Dari rapat koordinasi ini diharapkan tersusun strategi koordinatif untuk mewujudkan capaian yang bagus sehingga semua resiko dapat dikendalikan, sehingga diharapkan capaian Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular meningkat secara signifikan.

Rapat ini menghadirkan narasumber Kasi Surveillance Imunisasi Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat Yusmayenti. Diikuti oleh peserta yang terdiri dari OPD terkait, Camat, dan Wali Nagari se-Kabupaten Solok Selatan. (mrl)

Baca berita terkait Kabupaten Solok Selatan lainnya di Google News

Editor : Wanda Nurma Saputri
Bagikan

Berita Terkait
Terkini