Pembangunan USB SMA 12 Solsel di Sambut Antusias Masyarakat

×

Pembangunan USB SMA 12 Solsel di Sambut Antusias Masyarakat

Bagikan berita
Pembangunan USB SMA 12 Solsel di Sambut Antusias Masyarakat
Pembangunan USB SMA 12 Solsel di Sambut Antusias Masyarakat

KUPASONLINE.COM -- Kehadiran USB UNIT Sekolah Baru Tingkat SMA di Kabupaten Solok Selatan disambut antusias oleh masyarakat, dan ini diharapkan bagian dari upaya Pemerintah untuk mencerdaskan generasi milenial dan gen z didaerah tersebut.

Suka cita atas dibangunnya Unit Sekolah Baru (USB) di Solsel khususnya di Jorong Koto Baru, Sungai Kalu, Kenagarian Pakan Rabaa Utara Kecamatan KPGD, menurut Jasman akan dapat menjadi salah satu upaya meringankan beban orang tua yang anaknya melanjutkan pendidikan.

Selain itu, kehadiran sekolah yang dekat tersebut juga akan menjadi motivasi untuk orang tua dan generasi usia sekolah untuk menuntut ilmu," jelasnya.

Selama ini, generasi usia sekolah SLTA yang berasal dari daerah Ulu Suliti, Batang Pasampan, Sungai Kalu dan Pinti Kayu pergi sekolah ke Pakan Rabaa dengan jarak yang sangat jauh. Selain menimbulkan beban biaya untuk sekolah juga berdampak pada hal-hal lainnya, karena pulang pergi ke sekolah yang jauh dan melintasi beberapa daerah yang sangat lengang.

Data dari Kepala SMA Negeri 5 Solok Selatan, Kasmori, Sabtu (28/9/2024) bahwa jumlah siswa yang berasal dari daerah Sungai Kalu dan sekitarnya di sekolah yang dipimpinnya di Pakan Rabaa itu tercatat, siswa kelas Kelas X sebanyak 74 orang, siswa Kelas XI sebanyak 38 orang dan siswa Kelas XII sebanyak 54 Orang.

Sementara itu, Wali Nagari Pakan Rabaa Utara, Gusparijal, S. Ag kepada wartawan menyampaikan apresiasi dan terimakasih masyarakatnya dengan terwujudnya pembangunan USB SMA di daerahnya.

" Atas nama Pemerintahan Nagari dan masyarakat, kami menyampaikan terimakasih pada Pemerintah Provinsi Sumbar, khususnya pada gubernur dan Anggota Dewan Provinsi Sumbar yang sudah mengalokasikan dana pembangunan untuk USB ini," jelasnya

Kehadiran sekolah ini, tentu akan menjadi salah satu bentuk dukungan pemerintah dalam mencerdaskan generasi muda. Selain itu, juga akan menjadi salah satu motivasi generasi untuk menuntut ilmu lebih serius, karena sekolah sudah berada di daerah mereka.

Harapnya, kedepan tingkat keinginan melanjutkan pendidikan ke jenjang SMA bagi putra/putri didaerah bersama orang tua akan lebih meningkat lagi, karena sekolah sudah dekat dari tempat tinggal, dan ini juga perlu menjadi kebanggaan warga masyarakat di daerah ini untuk melanjutkan pendidikan anak-anak mereka," harap Gusparijal.

" Kami sangat berterima kasih atas kehadiran sekolah ini. Anak-anak kami kini memiliki akses lebih mudah untuk memperoleh pendidikan yang lebih baik," ujarnya

Editor : Wanda Nurma Saputri
Bagikan

Berita Terkait
Terkini