Pacu Kuda Tontonan Menyedot Perhatian Publik, Digelar 13 Oktober di Payakumbuh

×

Pacu Kuda Tontonan Menyedot Perhatian Publik, Digelar 13 Oktober di Payakumbuh

Bagikan berita
Pacu Kuda Tontonan Menyedot Perhatian Publik, Digelar 13 Oktober di Payakumbuh
Pacu Kuda Tontonan Menyedot Perhatian Publik, Digelar 13 Oktober di Payakumbuh

KUPASONLINE.COM - Di ranah Minang, khususnya kota Payakumbuh, pacuan kuda digelar setiap tahun. Menjadi ajang tontonan yang menyedot perhatian publik. Sebagai tradisi, pacu kuda memilih sejarah panjang dan telah mengalami berbagai pergeseran. Pacu kuda dimanfaatkan sebagai hiburan rakyat yang unik.

Hewan meringkik ini menjadi lambang kemasyhuran, kekayaan dan kekuasaan para raja dan elit Minangkabau. Makanya, wajar dibangun sebuah monumen kuda pacu. Tak heran, hingga saat ini kuda-kuda pacuan banyak dimiliki oleh pejabat-pejabat lokal.

Untuk suksesnya pacu kuda di Payakumbuh yang bakal digelar seharian pada hari Minggu 13 Oktober 2024, panitia pacu kuda piala gubenur Sumatera Barat tahun 2024 itu terus matangkan persiapan dengan rapat-rapat sesama panitia. Dalam event itu turut diresmikan monumen kuda pacu di gelanggang Kubu Gadang kota Payakumbuh.

Hal tersebut disampaikan ketua panitia pelaksana, Mardion Fernandes didampingi wakil ketua Wulan Denura, di sekretariat Pordasi Payakumbuh, Senin 30 September 2024. Menurutnya, pelaksanaan event pacu kuda gubernur Sumbar 2024 sudah dekat, karena itu berbagai persiapan terus kita matangkan. Maka dari itu kegiatan ini akan membutuhkan kerjasama dengan seluruh stakeholder terkait.

"Untuk kesuksesan event ini, kita juga mengajak seluruh masyarakat untuk menyaksikan dan mensukseskan event ini dengan total hadiah Rp400juta,"ujar Mardion Fernandes.

Ditambahkan Dion nama panggilan Mardion Fernandes, dalam event ini pihaknya siap menjaga netralitas dan kondusifitas menjelang pilkada serentak. Dan untuk peresmian monuman kuda pacu direncanakan bakal diresmikan oleh presiden RI Prabowo Subianto atau yang mewakili.

Sementara itu, wakil ketua panitia Wulan Denura, menyebutkan pacuan kuda sangat fenomenal, digemari seluruh kalangan, utamanya rakyat jelata. Pacu kuda tak lagi semata olahraga yang monopoli para raja atau kalangan elit Minangkabau, tetapi telah berubah menjadi pesta rakyat.

"Itu ditandai dengan ditemukannya bukti berupa adanya gelanggang pacuan kuda Payakumbuh. Kami yakin event pacu kuda tahun 2024 ini bakal sukses, karena kita menghadirkan kuda-kuda ternama dari Riau dan Jambi,"ujar Wulan.

Sebelumnya Pj. walikota Payakumbuh, Suprayitno menyampaikan, pacu kuda piala gubernur Sumbar sekaligus untuk memeriahkan pelaksanaan pilkada serentak nasional 2024.

"Pasangan calon (paslon) kepala daerah juga diundang ikut serta memeriahkan pacu kuda ini. Pun untuk dapat menghadirkan kudanya berpacu memeriahkan pacu kuda piala gubernur Sumatra Barat,”ujar Pj Wako Suprayitno. (nura)

Editor : Wanda Nurma Saputri
Bagikan

Berita Terkait
Terkini