Supardi Akui tak Mampu Bekerja Sendiri, Butuh Dukungan dari Tingkat Bawah

×

Supardi Akui tak Mampu Bekerja Sendiri, Butuh Dukungan dari Tingkat Bawah

Bagikan berita
Supardi Akui tak Mampu Bekerja Sendiri, Butuh Dukungan dari Tingkat Bawah
Supardi Akui tak Mampu Bekerja Sendiri, Butuh Dukungan dari Tingkat Bawah

KUPASONLINE.COM - Pilar-pilar sosial adalah garda terdepan dalam membantu pemerintah meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat. Untuk itu, kami menekankan pentingnya peran pilar-pilar sosial dalam pembangunan masyarakat yang lebih sejahtera dan mandiri.

“Saya berharap dengan telah diberikannya bimbingan teknis beberapa hari lalu di sebuah hotel bintang, kita dapat memperkuat sinergi antara pemerintah, masyarakat, dan lembaga sosial,”kata calon Walikota Payakumbuh Supardi kepada sejumlah media baru-baru ini.

Bagi saya yang kini mencalonkan diri sebagai Walikota Payakumbuh tentu tak mampu bekerja sendiri, saya butuh dukungan dari tingkat bawah bagaimana mengentaskan permasalahan sosial yang ada untuk mengoptimalkan potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS).

“Baik di kota berkembang maupun di kota maju sekalipun, masalah Penyundang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) selalu ada, kita butuh agen perubahan dalam lingkungan masing-masing, dan itu ada pada pilar-pilar sosial yang selama ini kita tingkatkan kapasitasnya,” ungkap Supardi

Pilar-pilar sosial adalah kelompok relawan yang bertugas menyelenggarakan kesejahteraan sosial di masyarakat. Pilar-pilar sosial merupakan mitra pemerintah dalam mewujudkan pembangunan dan pelayanan sosial.

Beberapa contoh pilar-pilar sosial, yaitu Karang Taruna, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), Taruna Siaga Bencana (Tagana), Program Keluarga Harapan (PKH), Organisasi Sosial (Orsos), dan Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS).

Untuk meningkatkan kemampuan dan memacu semangat kerja pilar-pilar sosial tersebut, pada saat menjadi Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat periode 2019-2024, Supardi banyak mengalokasikan pokok pikirannya untuk kegiatan bimbingan teknis pilar-pilar sosial, sampai 30an angkatan.

Supardi juga menekankan bimtek pilar sosial yang telah digelar selama beberapa tahap tersebut adalah wadah untuk saling berbagi pengalaman dan meningkatkan kapasitas dalam menjalankan program-program sosial di kota Payakumbuh.

Bagaimana kegiatan pilar-pilar sosial ini merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam membangun komunitas yang lebih inklusif dan responsif terhadap permasalahan sosial di masyarakat.

Dengan pembekalan yang diberikan, para peserta pilar-pilar sosial diharapkan mampu menjadi agen perubahan dalam lingkungan masing-masing, peningkatan kapasitas sumber daya manusia pada pilar-pilar sosial adalah langkah kita dalam menciptakan lingkungan sosial yang kuat.

Editor : Sri Agustini
Bagikan

Berita Terkait
Terkini