Mari Dewasa Berpolitik, Jangan Dirusak Pilkada Payakumbuh

×

Mari Dewasa Berpolitik, Jangan Dirusak Pilkada Payakumbuh

Bagikan berita
Mari Dewasa Berpolitik, Jangan Dirusak Pilkada Payakumbuh
Mari Dewasa Berpolitik, Jangan Dirusak Pilkada Payakumbuh

KUPASONLINE.COM -Insiden yang terjadi, di kelurahan Koto Panjang, kecamatan Lamposi Tigo Nagori (Latina) kota Payakumbuh, Minggu 15 September 2024, sekitar pukul 13.00 Wib, menyerang calon Walikota Payakumbuh Supardi, dengan sebilah parang, ketika berziarah ke pandam pekuburan, mendapat tanggapan serius dari sejumlah niniak mamak.

Kalini ini, datang dari Mhd Budi Nanda Dt. Simarajo Nan Kuniang, warga kelurahan Parik Muko Aia, kecamatan Latina, Mantan ketua DPD KNPI kota Payakumbuh 2011-2017 kepada media online ini, Rabu 18 September 2024, dia menyebutkan kalau masalah insiden itu pasti ada sebab dan muasababnya dan tidak bisa kita melihat dari satu sisi.

Dan kita sangat yakin, kalau tidak ada berada pasti tidak akan sekonyong-konyong itu terjadi. Secara pribadi saya tidak sepakat apapun itu dalam bentuk menjurus anarkis. Tapi dari satu pihak juga harus pandai menjaga mulut, karena dari mulut ini akan membawa binasa.

Mari sama-sama kita menjaga dan menahan diri, jangan juga menuding kalau-kalau insiden ini terjadi karena suruhan atau didalangi pihak manapun. Kalau tidak ada bukti yang nyata.

Kita mengagungkan pemilihan kepala daerah (Pilkada) badunsanak, tapi dalam prakteknya jauh dari apa yang kita harapkan. Saya yakin di pembahasan masing-masing internal cawako ini lebih parah lagi bahasa-bahasa yang keluar.

Makanya saya himbau kepada seluruh calon dan timnya untuk meluruskan niatnya. Pilkada dunsanak jangan ke orang dulu, tapi ke masing-masing kita, sesuai niat. Karena ini situasi politik. Marilah dewasa dalam berpolitik!

"Pilkada Payakumbuh jangan dirusak yang mungkin saja punya agenda berbeda yang nantinya dapat memecah-mecah anak nagori Payakumbuh. Kepada para calon, kami harapkan, buatlah visi misi yang jelas, agar masyarakat dapat menentukan pilihannya dari sekarang,"ujar M. Budi Nanda Dt. Simarajo Nan Kuniang dengan bijak.

Terpisah, ketua LKAAM kecamatan Latina Syafrizal Dt.Damuanso Omeh kepada media online di Payakumbuh, Rabu 18 September 2024, menyebutkan Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah, Al.Qur'an

Surat Ali Imran Ayat 103 menyuruh kita untuk selalu menjaga persatuan dan kesatuan.

Kemudian surat An.Nisa' Ayat 59 memerintahkan kita untuk taat pada pemimpin dan juga aturan.aturan yang telah ditetapkan.

Editor : Sri Agustini
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini