UNP Gelar Workshop Integrasi Nilai Anti Kekerasan Seksual dalam Mata Kuliah Wajib

×

UNP Gelar Workshop Integrasi Nilai Anti Kekerasan Seksual dalam Mata Kuliah Wajib

Bagikan berita
UNP Gelar Workshop Integrasi Nilai Anti Kekerasan Seksual dalam Mata Kuliah Wajib
UNP Gelar Workshop Integrasi Nilai Anti Kekerasan Seksual dalam Mata Kuliah Wajib

KUPASONLINE.COM – Universitas Negeri Padang (UNP) menggelar Workshop Integrasi Nilai-nilai Anti Kekerasan Seksual ke dalam Mata Kuliah Wajib Universitas dan Departemen, pada Rabu (18/9/2024) di UNP Hotel & Convention.

Workshop ini merupakan tindak lanjut dari Permendikbud Nomor 30 Tahun 2021 dan Peraturan Rektor UNP Nomor 19 Tahun 2022 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) di lingkungan Perguruan Tinggi.

Acara ini dibuka oleh Wakil Rektor III UNP, Prof. Dr. Ir. Anni Faridah, M.Si., yang mewakili Rektor UNP. Prof. Anni menegaskan bahwa tugas utama perguruan tinggi bukan hanya menyampaikan ilmu pengetahuan, tetapi juga mengajarkan etika dan moral dalam proses pembelajaran.

"Kami berterima kasih kepada Prof. Ismi yang telah bersedia hadir dan berbagi ilmunya demi mendukung pencegahan kekerasan di lingkungan kampus," ujarnya.

Workshop ini menghadirkan narasumber utama, Prof. Dr. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni, M.Si., Ketua Satgas PPKS dari Universitas Sebelas Maret (UNS), yang menyampaikan pentingnya peran Satgas PPKS dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang aman dari kekerasan seksual. Prof. Ismi mengingatkan bahwa Indonesia tengah menghadapi kondisi darurat kekerasan seksual, dan keberadaan satgas sangat diperlukan, tidak hanya untuk pencegahan, tetapi juga untuk memfasilitasi korban kekerasan.

Ketua Satgas PPKS UNP, Dr. Fatmariza, M.Hum., menekankan bahwa UNP telah melakukan berbagai upaya pencegahan melalui sosialisasi kepada mahasiswa, organisasi mahasiswa (Ormawa), pegawai, serta pihak keamanan kampus. "Kami terus berusaha menciptakan lingkungan kampus yang aman dan nyaman, bebas dari kekerasan seksual," jelasnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh 75 dosen di lingkungan UNP dengan tema "Membangun Budaya Akademik yang Peduli terhadap Upaya Pencegahan Berbagai Kekerasan di Perguruan Tinggi." Workshop ini diharapkan dapat memperkuat komitmen UNP dalam menciptakan lingkungan akademik yang etis dan aman bagi seluruh civitas akademika.(*)

Baca berita terkait Kampus UNP lainnya di Google News

Editor : Wanda Nurma Saputri
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini