Gubernur Mahyeldi dalam Peringatan HUT PMI ke-79: Apresiasi Tinggi untuk Relawan Sumbar

×

Gubernur Mahyeldi dalam Peringatan HUT PMI ke-79: Apresiasi Tinggi untuk Relawan Sumbar

Bagikan berita
Gubernur Mahyeldi dalam Peringatan HUT PMI ke-79: Apresiasi Tinggi untuk Relawan Sumbar
Gubernur Mahyeldi dalam Peringatan HUT PMI ke-79: Apresiasi Tinggi untuk Relawan Sumbar

KUPASONLINE.COM - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, mengucapkan terima kasih kepada Palang Merah Indonesia (PMI) atas semangat perjuangan mereka, yang selalu hadir dalam berbagai situasi dan kondisi yang dihadapi oleh masyarakat Sumbar. Selasa, 17 September 2024, di Bumi Perkemahan Lubuk Minturun Kota Padang, dia menyampaikan penghargaan saat Apel Peringatan HUT ke-79 PMI tingkat Sumbar.

"Dalam berbagai situasi dan kondisi, atau beragam permasalahan yang dialami masyarakat di Sumbar, relawan PMI selalu hadir memberikan perhatian, meringankan beban, dan tanpa pamrih memberi bantuan. Semangat kerelawanan PMI tak pernah padam," ucap Mahyeldi dalam sambutannya.

Mahyeldi juga sangat menyambut baik peringatan HUT PMI ke-79 tahun ini, yang mengusung tema "Aksi Adaptasi pada Perubahan Iklim". Tema itu dinilai sangat relevan dengan kondisi Sumbar, karena daerah ini memiliki tingkat kerawanan terhadap bencana yang cukup tinggi.

"Perubahan iklim yang tak dapat ditebak menyebabkan terjadinya rentetan bencana di Sumbar, dan di saat itu PMI selalu hadir. Ke depan, kita juga dihadapkan pada potensi kerawanan pangan, yang juga disebabkan oleh perubahan iklim. Ini perlu kita sikapi pula secara bersama-sama, dengan strategi yang jelas dan terukur," kata Mahyeldi lagi.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Markas PMI Sumbar, Aristo Munandar, yang menyebutkan bahwa memang pemilihan tema pada HUT PMI tahun ini diselaraskan dengan perkembangan kondisi kehidupan sosial di tengah masyarakat. Terlebih, Sumbar dalam tahun ini telah mengalami berbagai jenis bencana yang menimbulkan kerugian harta, benda, bahkan jiwa.

"Selain menggelar kegiatan Jumpa Bakti Gembira Temu Karya (Jumtek), dalam peringatan HUT PMI tahun ini kita juga melakukan penanaman pohon, pelatihan pembuatan bibit, kampanye aksi cerdas perubahan iklim, serta berbagai kegiatan lain yang menjadi respons langsung kita terhadap isu perubahan iklim," ujar Aristo.

Dalam sambutannya, Zulhardi Z. Latief, Ketua Markas PMI Kota Padang, menyatakan bahwa sebanyak 960 relawan PMI perwakilan dari seluruh kabupaten/kota mengikuti kegiatan Jumtek dan Apel Peringatan HUT PMI ke-79 tingkat Sumbar. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang telah membantu menjalankan kegiatan tersebut dengan lancar hingga ditutup secara resmi oleh Gubernur Mahyeldi. (adpsb/isq)

Baca berita terkait Pemprov Sumbar lainnya di Google News

Editor : Wanda Nurma Saputri
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini