Tokoh Nasional Riza Falepi, Sebut Sosok Supardi-Tri Venindra Matang Berpolitik

×

Tokoh Nasional Riza Falepi, Sebut Sosok Supardi-Tri Venindra Matang Berpolitik

Bagikan berita
Tokoh Nasional Riza Falevi (tengah), Sebut Sosok Supardi-Tri Venindra Matang Berpolitik.
Tokoh Nasional Riza Falevi (tengah), Sebut Sosok Supardi-Tri Venindra Matang Berpolitik.

KUPASONLINE.COM -Gendrang pemilihan kepala daerah (Pilkada) kota Payakumbuh sudah ditabuh, diyakini banyak pihak berjalan sukses. Dukungan demi dukungan masing-masing pasangan calon (Paslon) mulai mewarnai semaraknya pesta demokrasi di kota Payakumbuh.

Ternyata, sebelum Pilkada berlangsung, para tokoh-tokoh hebat nasional dan tokoh-tokoh kota Payakumbuh sudah memantau para kandidat yang muncul, sehingga memberikan penilaian terhadap paslon yang didukungnya.

Kali ini datang dari tokoh nasional H. Riza Falepi Dt. Rajo Kaampek Suku. Dia menjatuhkan pilihannya kepada paslon Supardi-Tri Venindra yang terus mendapat dukungan berlapis dari hulu ke hilir.

"Kalau kita lihat paslon Supardi dan Tri Venindra, beberapa kelebihan yang kami perlu hargai adalah pengalaman politik. Selama ini jarang orang yang begitu terpilih langsung bisa bekerja. Kalau belum punya pengalaman politik. Perlu waktu agak lama untuk belajar. Biasanya kalau minim pengalaman sering menemui persoalan. Bahkan masalah hukum yang diakibatkan minim pengalaman berdampak pada ketidakmampuan bekerja dengan baik,"ujar Riza Falepi via telepon genggamnya kepada media online ini, Minggu 14 September 2024.

Sementara rakyat menunggu kerja mereka berdua untuk melayani Payakumbuh. Jadi kematangan politik sangat dibutuhkan bagi mereka yang mau jadi kepala daerah, agar bisa melalui berbagai halangan dan rintangan dengan baik.

Seterusnya, jaringan kerja baik di birokrasi maupun di pusat. Kemampuan ini perlu diasah dan harus tahu bagaimana berhadapan dengan pusat. Terutama soal advokasi anggaran, karena kita membutuhkan dana lebih untuk bisa merealisasikan visi misi.

Ditambahkan mantan Walikota Payakumbuh 2 periode itu, dengan

mengandalkan DAU (Dana Alokasi Umum) saja tentu tidak cukup. Apalagi sekarang model DAUnya diarahkan, tentu nggak akan memenuhi kebutuhan realisasi visi misi.

"Nilai plus lain dari sosok Supardi, kalau bisa memanfaatkan dengan baik adalah saat ini Supardi bagian dari partai penguasa yang presidennya akan dilantik dan satu partai dengan mereka. Dengan demikian semoga ini akan mempermudah urusan di pusat. Kalau bisa memanfaatkannya,"ulas Riza Falepi.

Kemudian, beliau berdua adalah oasanagan yang religius, Supardi pernah menjadi guru di Raudhatul Jannah, sebelumnya di Training College (TC), dan sudah malang melintang di dunia pergerakan Islam. Demikian juga Tri Venindra, sejak mahasiswanya dulu sudah menjadi aktivis dakwah kampus.

Editor : Sri Agustini
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini