Gubernur Mahyeldi Resmikan Masjid Al-Ikhlas SMKN 1 Sumbar, Integrasi Iman dan Pendidikan

×

Gubernur Mahyeldi Resmikan Masjid Al-Ikhlas SMKN 1 Sumbar, Integrasi Iman dan Pendidikan

Bagikan berita
Gubernur Mahyeldi Resmikan Masjid Al-Ikhlas SMKN 1 Sumbar, Integrasi Iman dan Pendidikan
Gubernur Mahyeldi Resmikan Masjid Al-Ikhlas SMKN 1 Sumbar, Integrasi Iman dan Pendidikan

KUPASONLINE.COM - Sebagian orang mengatakan bahwa keberadaan masjid atau musala di lingkungan sekolah adalah hal yang sangat strategis karena memungkinkan siswa memperoleh pendidikan yang lebih baik. Ini disampaikan oleh Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah, saat meresmikan penggunaan Masjid Al-Ikhlas di SMK Negeri 1 Sumatera Barat pada hari Jumat, 13 September 2024.

"Fungsi masjid di sekolah ini tentu sebagai pusat penyempurna proses pendidikan bagi pelajar kita di SMKN 1 Sumbar. Terutama sekali pembelajaran keimanan dan ketaqwaan (imtaq) sebagai penyeimbang dari ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) yang mereka pelajari," kata Mahyeldi.

Oleh karena itu, Mahyeldi berharap agar keberadaan masjid di SMKN 1 Sumbar dapat dimaksimalkan fungsinya. Selain sebagai tempat beribadah, masjid tersebut juga dapat dimaksimalkan sebagai pusat berkegiatan bagi pelajar di sekolah kejuruan tersebut.

"Berbagai kegiatan dapat dipusatkan di masjid ini. Artinya, fungsi masjid ini harus dioptimalkan," ujar Mahyeldi yang juga bertindak selaku Khatib Jumat perdana di Masjid Al-Ikhlas SMKN 1 Sumbar.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Mahyeldi juga mengungkapkan terima kasih dan apresiasinya kepada BRI, AirNav Indonesia, serta seluruh pihak yang terlibat dalam pembangunan masjid tersebut. Untuk diketahui, Masjid Al-Ikhlas sendiri merupakan pengembangan renovasi penuh dari musala yang sebelumnya sudah berdiri.

Sementara itu dalam laporannya, Kepala SMKN 1 Sumbar, Zulkifli, menyebutkan bahwa sudah banyak BUMN yang membantu pengembangan penunjang pendidikan di sekolah tersebut. Ada pun renovasi masjid sendiri, secara penuh merupakan bantuan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dari PT BRI, sedangkan untuk perlengkapannya merupakan bantuan TJSL dari AirNav Indonesia.

"Kami mengucapkan terima kasih atas perhatian seluruh pihak yang telah membantu pembangunan masjid ini, sehingga dapat menjadi pusat beribadah bagi 1.456 pelajar yang saat ini menempuh pendidikan di SMKN 1 Sumbar," ucap Zulkifli.

Peresmian masjid juga dihadiri oleh Farchan Jamil, Manajer TJSL Airnav Indonesia, dan Padang Gusneldi, Wakil Presiden Kantor Wilayah BRI. Kepala Dinas Pendidikan Sumbar Barlius dan Edi Dharma, Kepala Biro Umum Setdaprov Sumbar, turut mendampingi Gubernur Mahyeldi dalam kesempatan itu. (adpsb/isq)

Baca berita terkait Pemprov Sumbar lainnya di Google News

Editor : Wanda Nurma Saputri
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini