UIN Imam Bonjol Perkuat Kerja Sama Internasional dengan Kamboja

×

UIN Imam Bonjol Perkuat Kerja Sama Internasional dengan Kamboja

Bagikan berita
UIN Imam Bonjol Perkuat Kerja Sama Internasional dengan Kamboja
UIN Imam Bonjol Perkuat Kerja Sama Internasional dengan Kamboja

KUPASONLINE.COM - Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol (IB) Padang kembali melakukan kunjungan ke Kamboja guna mempererat dan melanjutkan kerja sama yang telah terjalin.

Tim dari UIN IB Padang disambut langsung oleh Dewan Tertinggi Urusan Keagamaan Islam Kamboja, para pendidik, dan tamu undangan lainnya. Kunjungan ini diharapkan semakin memperkuat kolaborasi di berbagai bidang, termasuk akademik, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat.

Rektor UIN IB Padang, Prof. Hj. Martin Kustati, M.Pd., menyampaikan bahwa kerja sama ini mencakup peluang pendidikan bagi mahasiswa Kamboja yang memenuhi syarat untuk melanjutkan studi di UIN IB Padang.

"Kami telah memberikan beasiswa kepada enam mahasiswa asal Kamboja tahun ini sebagai wujud komitmen kami dalam mendukung pengembangan pendidikan dan kebersamaan umat Islam di kawasan ini," ungkapnya.

Presiden Dewan Tertinggi Urusan Keagamaan Islam Kamboja, Mufti Kerajaan Kamboja NEAKOKNYA Hj. Sos Kamry H. Kamruddin Bin Yusof, juga menyatakan rasa terima kasih atas kunjungan UIN IB Padang. Ia menyoroti manfaat besar yang telah dirasakan dari kerja sama ini, terutama dalam hal beasiswa, pengembangan kajian akademik, dan pengabdian kepada masyarakat.

"Kami berharap kerja sama ini terus berlanjut dan semakin ditingkatkan, demi memperkuat hubungan baik antara Indonesia dan Kamboja, khususnya dengan UIN IB Padang," ujarnya.

Tidak hanya dengan Kamboja, UIN IB Padang juga memperluas jalinan kerja sama internasionalnya. Rektor Martin Kustati menambahkan bahwa UIN IB Padang saat ini juga bekerja sama dengan Vietnam, dan rencananya pada tahun 2025 akan memperluas kerja sama dengan Laos.

Kegiatan tersebut diakhiri dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara kedua pihak dan diskusi mengenai penguatan kerja sama di masa mendatang, serta kunjungan ke lokasi belajar mengajar di Majlis MAPIK An-Nikamah Institute.

Turut hadir dalam pertemuan ini adalah Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama UIN IB Padang, Welhendri Azwar, S.Ag., M.Si., Ph.D., dan Ketua Tim Kerja Sama dan Humas Drs. Mardius M., MM. Pertemuan ini diharapkan menjadi pijakan yang kuat dalam meningkatkan kontribusi UIN IB Padang di kancah internasional. (*)

Baca berita terkait Kampus UIN IB Padang Lainnya di Google News

Editor : Wanda Nurma Saputri
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini