Bawaslu Ngampus di UNP, Mahasiswa FIS Diajak Aktif Awasi Pilkada Serentak 2024

×

Bawaslu Ngampus di UNP, Mahasiswa FIS Diajak Aktif Awasi Pilkada Serentak 2024

Bagikan berita
Bawaslu Ngampus di UNP, Mahasiswa FIS Diajak Aktif Awasi Pilkada Serentak 2024
Bawaslu Ngampus di UNP, Mahasiswa FIS Diajak Aktif Awasi Pilkada Serentak 2024

KUPASONLINE.COM – Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) terus memperkuat pengawasan dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 dengan melibatkan berbagai unsur masyarakat.

Kali ini, Rabu (4/9/2024), Bawaslu melaksanakan kegiatan “Bawaslu Ngampus” di Universitas Negeri Padang (UNP), mengajak ratusan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial (FIS) untuk berperan aktif dalam pengawasan Pilkada.

Dalam acara yang digelar di Aula FIS UNP, hadir Ketua Divisi Pencegahan, Hubungan Masyarakat, dan Partisipasi Masyarakat (Hubmas dan Parmas) Bawaslu RI, Loly Suhenti, bersama Ketua Bawaslu Sumbar, Alni, SH, M.Kn, Kordiv Pencegahan, Hubmas dan Parmas Bawaslu Sumbar, Muhamad Khadafi, serta Dekan FIS UNP, Afriva Khaidir.

Loly Suhenti menekankan pentingnya peran kampus sebagai ruang strategis untuk diskusi yang egaliter. "Kampus memiliki kebebasan dalam membicarakan banyak hal, termasuk demokrasi. Oleh karena itu, mahasiswa sangat beruntung bisa dilibatkan dalam kegiatan ini," ujar Loly dalam sambutannya. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan partisipasi mahasiswa dalam pengawasan Pilkada Serentak 2024.

Loly menambahkan bahwa pemilihan kepala daerah adalah tanggung jawab seluruh masyarakat. "Pemimpin yang baik atau tidak baik lahir dari pilihan kita. Oleh karena itu, mahasiswa bisa menjadi aktor penting dalam demokrasi Pilkada serentak 2024 melalui pengawasan partisipatif," lanjutnya.

Menurut Loly, pengawasan partisipatif memiliki dua tugas utama: memberikan edukasi kepada sebanyak mungkin orang dan mempercepat proses menuju Pilkada yang demokratis. “Dengan tridharma perguruan tinggi, kampus dapat mempercepat upaya pengawasan partisipatif ini,” jelasnya.

Ketua Bawaslu Sumbar, Alni, juga mengungkapkan pentingnya Bawaslu Ngampus sebagai bagian dari melibatkan lebih banyak pihak dalam pengawasan Pilkada. "Mahasiswa harus berani melaporkan jika menemukan kejanggalan di lapangan. Peran mahasiswa sangat menentukan dalam pemilihan pasangan calon kepala daerah," ungkap Alni.

Dekan FIS UNP, Afriva Khaidir, menyambut baik kegiatan Bawaslu Ngampus, mengingat sebagian besar mahasiswa merupakan pemilih pemula. "Diharapkan mahasiswa bisa menjadi pelopor dalam Pilkada Serentak 2024, terutama sebagai pengawas partisipatif," kata Afriva.

Kegiatan Bawaslu Ngampus diakhiri dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) Pengawasan Partisipatif antara Bawaslu Sumbar dan BEM KM FIS UNP, serta pembacaan Deklarasi Pengawasan Partisipatif yang dipandu oleh Ketua BEM FIS, Rifaldi.(*)

Baca berita terkait Kampus UNP Lainnya di Google News

Editor : Wanda Nurma Saputri
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini