Pj Wali Kota Padang Andree Algamar Dianugerahi Gelar Kepangeranan dalam Puncak FABN III Sumbar

×

Pj Wali Kota Padang Andree Algamar Dianugerahi Gelar Kepangeranan dalam Puncak FABN III Sumbar

Bagikan berita
Pj Wali Kota Padang Andree Algamar Dianugerahi Gelar Kepangeranan dalam Puncak FABN III Sumbar
Pj Wali Kota Padang Andree Algamar Dianugerahi Gelar Kepangeranan dalam Puncak FABN III Sumbar

KUPASONLINE.COM – Penjabat (Pj) Wali Kota Padang, Andree Algamar, resmi dianugerahi gelar kepangeranan Jawa oleh Ketua Dewan Pendiri Masyarakat Adat Nusantara (Matra), Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Mangku Alam II. Penghargaan ini diberikan dalam acara puncak Festival Adat Budaya Nusantara (FABN) III Sumatera Barat yang berlangsung di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Sumbar, Jumat malam (6/9/2024).

Dalam kesempatan tersebut, Andree Algamar yang memiliki nama lengkap Tuanku Rajo Kaciak Sutan Dr. H. Andree Harmadi Algamar, S.STP., S.H., M.Si., M.Han., Datuak Sangguno Dirajo, menerima gelar kepangeranan dengan sebutan "Kanjeng Pangeran Haryo (KPH)" di depan nama dan "Wiro Negoro" di belakangnya. Dengan demikian, nama lengkap beliau kini menjadi KPH Tuanku Rajo Kaciak Sutan Dr. H. Andree Harmadi Algamar, S.STP., S.H., M.Si., M.Han., Datuak Sangguno Dirajo Wiro Negoro.

“Saya sangat berterima kasih kepada KGPAA Mangku Alam II atas anugerah gelar kepangeranan ini. Ini merupakan suatu kehormatan besar, karena gelar ini diberikan kepada mereka yang dianggap telah berjasa bagi kerajaan,” kata Andree Algamar saat berbicara kepada wartawan usai acara.

Andree juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Dewan Pengurus Pusat (DPP) Matra atas penyelenggaraan FABN ketiga di Kota Padang yang berlangsung dari tanggal 4 hingga 7 September 2024. Ia mengungkapkan bahwa acara ini merupakan momen penting untuk mempererat hubungan antar komunitas adat di seluruh Nusantara, terlepas dari perbedaan suku, ras, agama, dan budaya.

Selain gelar kepangeranan, Andree Algamar juga menerima penghargaan khusus dari Ketua Umum DPP Matra, KPH Andi Bau Malik Barammamase Karaenta Tukkajannangang Satrio Sasmito, atas dukungannya dalam menyukseskan pelaksanaan FABN III Sumbar.

Ketua Umum DPP Matra, KPH Andi Bau Malik Barammamase Karaenta Tukkajannangang Satrio Sasmito, menjelaskan bahwa FABN merupakan upaya Matra untuk terus melestarikan seni dan budaya Nusantara.

“Melalui festival ini, kita ingin memperkuat ketahanan adat dan budaya agar tidak tergilas oleh perkembangan zaman. Acara ini diisi dengan festival, orasi, diskusi kebudayaan, dan pelantikan pengurus DPW Matra Sumbar,” ungkapnya.

Acara ini juga dihadiri oleh Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy, pimpinan BUMN/BUMD di Sumbar, Ketua LKAAM Sumbar Fauzi Bahar Datuak Nan Sati, serta sejumlah tamu undangan lainnya.(adv)

Baca berita terkait Kota Padang Lainnya di Google News

Editor : Wanda Nurma Saputri
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini