Festival Adat Budaya Nusantara III di Padang Meriahkan Makan Bajamba Bersama Para Raja dan Sultan

×

Festival Adat Budaya Nusantara III di Padang Meriahkan Makan Bajamba Bersama Para Raja dan Sultan

Bagikan berita
Festival Adat Budaya Nusantara III di Padang Meriahkan Makan Bajamba Bersama Para Raja dan Sultan
Festival Adat Budaya Nusantara III di Padang Meriahkan Makan Bajamba Bersama Para Raja dan Sultan

KUPASONLINE.COM – Kota Padang menjadi tuan rumah perhelatan akbar Festival Adat Budaya Nusantara (FABN) III yang berlangsung dari 4 hingga 7 September 2024. Salah satu rangkaian acara paling ikonik adalah prosesi Makan Bajamba yang digelar di Gedung Bagindo Aziz Chan Youth Center, Kamis (5/9/2024). Kegiatan tersebut dihadiri oleh puluhan tokoh adat dari berbagai penjuru nusantara, termasuk raja, sultan, datu, serta pemangku adat lainnya.

Rombongan yang merupakan bagian dari Dewan Pimpinan Pusat Masyarakat Adat Nusantara (DPP Matra) turut memeriahkan acara dengan semangat silaturahmi dan pelestarian adat budaya yang kental. Penjabat Sekretaris Daerah Kota Padang, Yosefriawan, menyampaikan apresiasi mendalam atas terpilihnya Sumatera Barat sebagai lokasi penyelenggaraan FABN III.

“Kami berterima kasih kepada DPP Matra yang telah memilih Sumatera Barat sebagai lokasi Festival Adat Budaya Nusantara kali ini. Melalui kegiatan ini, hubungan antar kerajaan, kesultanan, dan lembaga adat di nusantara semakin erat. Tak hanya itu, adat dan budaya yang diwariskan akan semakin kokoh di generasi penerus,” ujar Yosefriawan, didampingi oleh Pj Ketua DWP, Ny. Netti Yosefriawan.

Ketua Umum DPP Matra, KPH Andi Bau Malik Barammamase Karaenta Tukajangangan, mengungkapkan bahwa FABN merupakan upaya Matra dalam melestarikan seni dan budaya nusantara. Ia menjelaskan bahwa Sumatera Barat dipilih karena memiliki warisan budaya yang kuat, seperti kerajaan Paguruyung, yang terkenal di kalangan masyarakat adat.

“Melalui FABN III ini, kami bertekad memperkuat ketahanan adat dan budaya nusantara agar tidak terkikis oleh perkembangan zaman,” jelas Andi Bau Malik.

Selain prosesi makan bajamba, FABN III juga diisi dengan berbagai kegiatan menarik, seperti festival seni, orasi kebudayaan, diskusi adat, serta pelantikan pengurus DPW Matra Sumatera Barat. Acara ini didukung oleh pemerintah provinsi dan kota, serta berbagai unsur masyarakat adat lainnya.

Tak hanya dihadiri oleh tokoh adat dari dalam negeri, FABN III juga dimeriahkan oleh kehadiran para raja dan sultan dari negara tetangga seperti Malaysia, Thailand, dan Brunei Darussalam. Kehadiran mereka semakin menambah kehangatan acara ini.

Ketua sementara DPRD Kota Padang, Muharlion, serta para pejabat Forkopimda Kota Padang turut hadir bersama sejumlah pimpinan OPD, niniak mamak, alim ulama, dan bundo kanduang, menandakan pentingnya acara ini dalam menjaga tali silaturahmi antarbudaya di nusantara.(*)

Baca berita terkait Kota Padang Lainnya di Google News

Editor : Wanda Nurma Saputri
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini