Semangat Marawa Menyala di Jersey Tim PON Sumbar, Lambang Kebanggaan dan Kekuatan

×

Semangat Marawa Menyala di Jersey Tim PON Sumbar, Lambang Kebanggaan dan Kekuatan

Bagikan berita
Semangat Marawa Menyala di Jersey Tim PON Sumbar,  Lambang Kebanggaan dan Kekuatan
Semangat Marawa Menyala di Jersey Tim PON Sumbar, Lambang Kebanggaan dan Kekuatan

KUPASONLINE.COM - Bendera kebesaran Minangkabau, Marawa, kembali menjadi simbol yang kuat di Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024. Marawa, dengan tiga warna khasnya—hitam, merah, dan kuning (emas)—mengandung makna mendalam bagi masyarakat Sumatera Barat. Warna hitam melambangkan kekuatan, merah simbol keberanian, dan kuning mencerminkan kecemerlangan.

Tiga warna ini hadir mencolok di seluruh perlengkapan kontingen Sumbar pada ajang PON 2024 di Aceh dan Sumatera Utara. Tak hanya pada jaket dan jersey, tapi juga di sepatu, topi, hingga koper yang dibawa oleh para atlet. Jersey yang dikenakan para atlet Sumbar seolah menjadi simbol fisik, mental, dan prestasi yang mereka bawa di setiap pertandingan.

Hitam mengartikan kekuatan fisik, merah mewakili mental bertanding yang tangguh, dan kuning sebagai harapan besar untuk meraih prestasi tertinggi. Dengan balutan jersey ini, para duta olahraga Sumbar terlihat lebih gagah dan siap menghadapi tantangan di setiap cabang olahraga.

Meskipun kualitas bahan jersey bukanlah yang terbaik di kelasnya, namun kenyamanan dan ringannya pakaian ini menjadi nilai tambah. Tak hanya itu, untuk pertama kalinya, seluruh perlengkapan kontingen dikemas dalam koper berukuran besar, sebagai bentuk dukungan penuh dari pemerintah daerah terhadap perjuangan atlet di ajang PON.

Dukungan ini tidak hanya sebatas fasilitas, tetapi juga harapan besar untuk memperbaiki peringkat Sumbar di PON kali ini. Para atlet sudah menunjukkan semangat Marawa yang kuat sejak babak kualifikasi, seperti pada Kejurnas dan Pekan Olahraga Wilayah (Porwil), di mana Sumbar berhasil meraih belasan medali.

Beberapa cabang olahraga unggulan seperti Barongsai, Paralayang, Gantole, Taekwondo, Silat, Gulat, dan Binaraga diharapkan bisa mendulang medali emas. Tak ketinggalan, Cabor lainnya seperti Kempo, Atletik, Tarung Derajat, Sepak Takraw, hingga ESports dan Hapkido juga menyimpan potensi besar.

Meski persiapan atlet menghadapi berbagai tantangan, semangat tak boleh padam. Semua pihak—pemerintah, KONI Sumbar, hingga masyarakat Sumatera Barat—diharapkan bersatu mendukung perjuangan para atlet. Kehadiran urang awak yang berdomisili di Aceh dan Sumatera Utara diharapkan bisa memberi semangat lebih dengan dukungan langsung di arena pertandingan.

Kini, saatnya semua pihak berjuang bersama atlet, menyatu dalam semangat Marawa, untuk membawa nama Sumbar semakin bersinar di kancah nasional. Semoga prestasi gemilang dapat diraih!(*)

Baca berita terkait PON XXI 2024Lainnya di Google News

Editor : Wanda Nurma Saputri
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini