Pemkab Pessel Siap Mengadapi Penilaian STBM Kategori Madya Tahun 2024

×

Pemkab Pessel Siap Mengadapi Penilaian STBM Kategori Madya Tahun 2024

Bagikan berita
Pemkab Pessel Siap Mengadapi Penilaiam STBM Kategori Madya Tahun 2024
Pemkab Pessel Siap Mengadapi Penilaiam STBM Kategori Madya Tahun 2024

KUPASONLINE.COM - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) bersiap menghadapi penilaian Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Award kategori Madya tahun 2024. Tim STBM Sumbar dijadwalkan melakukan verifikasi pada September 2024 ini.

“Stakeholder terkait sudah mematangkan persiapan dan segala kelengkapan penilaian yang dibutuhkan. Tim dari STBM Sumbar akan segera melakukan verifikasi di bulan September ini,” kata Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Pessel, Mawardi Roska, Senin (2/9).

Menurutnya, banyak instansi yang terlibat dalam menyiapkan segala perlengkapan penilaian yang diperlukan.

Seperti Dinas Kesehatan, Forum Kabupaten Sehat (FKS), Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUTR), Dinas Perkimtan LH, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Dinas Perdagangan dan Transmigrasi dan juga beberapa puskesmas.

“Saya harap semua stakeholder terkait ini mampu mempersiapkan bahan yang akan dilakukan verifikasinya oleh tim provinsi,” terangnya.

Kepala Dinas Kesehatan Pessel, Agustina Rahmadani menjelaskan, untuk mewujudkan pencapaian 5 pilar STBM, Pessel telah berhasil mencapai predikat sebagai Kabupaten ODF/Stop Buang Air Besar Sembarangan pada 2022 lalu.

“Karena capaian pilar 1 STBM telah berhasil diraih Pessel, sehingga Kementerian Kesehatan RI memberikan piagam ODF tahun 2022 lalu kepada Bupati,” katanya.

Berdasarkan hal itu maka pada pelaksanaan STBM Award 2024 ini, Pessel kembali ikut serta dalam penilaian. Namun yang menjadi prioritas penilaian adalah pilar 2 yakni Cuci Tangan Pakai Sabun dan pilar 3 Pengelolaan Air Minum Rumah Tangga.

“Berdasarkan rapat koordinasi bersama stakeholder terkait, disampaikan bahwa untuk ikut serta pada penilaian STBM Award Pilar 2 dan 3 harus mencapai target 50 persen penilaian,” jelasnya.

Dia menambahkan, berdasarkan data yang dilaporkan, Pessel sudah mencapai 75 persen inovasi. Ini menjadi salah satu poin tambahan yang dapat digunakan pada penilaian STBM Award kali ini.

Editor : Wanda Nurma Saputri
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini