Angka Kunjungan Wisata ke Sumbar Meningkat Secara Besar, Menggerakkan Ekonomi Masyarakat

×

Angka Kunjungan Wisata ke Sumbar Meningkat Secara Besar, Menggerakkan Ekonomi Masyarakat

Bagikan berita
Angka Kunjungan Wisata ke Sumbar Meningkat Secara Besar, Menggerakkan Ekonomi Masyarakat
Angka Kunjungan Wisata ke Sumbar Meningkat Secara Besar, Menggerakkan Ekonomi Masyarakat

KUPASONLINE.COM - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) terus berusaha untuk meningkatkan jumlah wisatawan yang datang ke Sumatera Barat. Menurut data dari Triwulan 2 Tahun 2024 dari Badan Pusat Statistik, upaya tersebut telah menunjukkan hasil yang menggembirakan.

Akibatnya, Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah menyatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan berbagai langkah strategis untuk meningkatkan kunjungan wisata ke Sumbar. Salah satunya adalah mengoptimalkan program pemberdayaan dan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap wisata.

"Kita telah melakukan sejumlah pembenahan agar meningatkan kunjungan wisata ke Sumbar. Salah satu yang menjadi fokus kita adalah bagaimana sikap sadar wisata dan keterlibatan masyarakat bisa meningkat,"sebut Mahyeldi di Padang, Rabu (4/9/2024).

Ia mengatakan, Sumbar tidak memiliki sumber daya alam yang banyak, namun Sumbar dianugerahi alam yang indah. Sehingga pengembangan sektor pariwisata menjadi pilihan yang cukup realistis untuk dioptimalkan di Sumbar.

"Pariwisata ini mampu meningkatkan pererkonomian masyarakat, multiplier effeknya sangat besar. Bisa kita lihat di beberapa daerah wisata, tingkat perekonomian warganya sangat baik, bahkan angka kemiskinannya juga kecil,"ungkapnya.

Berkaca dengan itu, dikatakannya, Sumbar terus komit untuk meningkatkan kunjungan wisatawan. Bahkan, untuk Tahun ini Pemprov Sumbar menargetkan angka kunjungan wisata mencapai 13,5 juta wisatawan.

"Makanya saya menekankan agar selalu memperhatikan beberapa hal-hal mendasar dalam meningkatkan kunjungan. Pertama kebersihan, kedua, pelayanan, ketiga, transparansi berupa informasi harga yang jelas dan tata kelola yang tertib termasuk dalam urusan parkir,"ulas Mahyeldi.

Diungkapkannya, sektor pariwisata juga berperan dalam menekan angka gini ratio di Sumbar. Dengan pariwisata tidak ada lagi kejomplangan antara warga miskin dan kaya, sebab terjadi penyebaran perekonomian secara merata dengan pergerakan wisatawan.

"Dengan adanya 328 desa wisata di Sumbar, ikut mendistribusikan pemerataan perekonomian di Sumbar. Karena perjalanan wisatawan pada desa wisata membuat pergerakan uang menjadi merata pada sejumlah daerah," ungkap Gubernur Mahyeldi.

Komitmen tersebut kini sudah menunjukan hasil. Angka kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Sumatera Barat (Sumbar) mengalami peningkatan. Khusus bulan Juli 2024, terdapat 5.936 kunjungan wisman ke Sumbar, meningkat sebesar 28,18 persen dibanding angka kunjungan bulan Juni 2024.

Editor : Wanda Nurma Saputri
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini