Spencay Solsel Suguhkan Kesenian Randai di Car Free Day

×

Spencay Solsel Suguhkan Kesenian Randai di Car Free Day

Bagikan berita
Spencay Solsel Suguhkan Kesenian Randai di Car Free Day
Spencay Solsel Suguhkan Kesenian Randai di Car Free Day

KUPASONLINE.COM - Pelajar SMPN 1 Solok Selatan atau lebih akrab dengan nama "spencay" suguhan kesenian Randai pada kegiatan rutin car free day yang di adakan Pemkab Solsel di lapangan bola kaki banca Koto Baru, Kecamatan Sungai Pagu, Minggu 01 September 2024 pagi.

Kentalnya bahasa minang dengan logat khas Muara Labuh juga sukses menghipnotis penonton yang hadir. Kali ini pelajar Spencay menyampaian pesan untuk rang gadih Minang, yaitu Sumbang Duo Baleh.

Atraksi randai dan pesan-pesan yang disampaikan oleh siswa Spencay menyulut gelak tawa, menghangatkan suasana CFD sekaligus penyaluran bantuan pangan dan sembako dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNas) Solok Selatan.

Untuk diketahui Pesan Sumbang Duo Baleh saat ini kembali menjadi menggeliat ditengah berbagai hadirnya budaya dan teknologi baru.

Dalam masyarakat Minangkabau, keberadaan perempuan diistimewakan kedudukannya. Perilaku yang tidak tertulis inipun menjadi tata krama bersikap. Seperti menjaga ucapan, perilaku, dan pergaulan yang berpotensi mengundang kecurigaan atau ketersinggungan orang lain.

Bupati Solok Selatan diwakili Sekdakab Dr. Syamsurizaldi juga menyoroti tampilan randai siswa Spencay yang menyampaikan pesan Sumbang Duo Baleh. Dirinya turut mendukung untuk memberikan ruang dalam kreativitas ini.

"Kepada Kepala Sekolah, Guru, Silahkan diciptakan kreatifitas di sekolah, berikan ruang kepada siswa-siswin kita dan tampilkan dalam even pemerintah," kata Sekdakab.

Sekda juga menghimbau agar memberikan ruang bagi guru sekolah untuk memberikan ruang bagi siswa untuk berkreativitas.

"Ini untuk menghadapi tantangan kedepannya," imbuhnya.

Selain Randai, juga ditampilkan pantomim dari siswi SDN 21 MPL. (mrl)

Editor : Sri Agustini
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini