Untuk Mencapai Tujuan Yang Diinginkan, Dinas Kominfo Membuat Perjanjian Kinerja Sebagai Roadmap

×

Untuk Mencapai Tujuan Yang Diinginkan, Dinas Kominfo Membuat Perjanjian Kinerja Sebagai Roadmap

Bagikan berita
Untuk Mencapai Tujuan Yang Diinginkan, Dinas Kominfo Membuat Perjanjian Kinerja Sebagai Roadmap
Untuk Mencapai Tujuan Yang Diinginkan, Dinas Kominfo Membuat Perjanjian Kinerja Sebagai Roadmap

KUPASONLINE.COM - Sebagai OPD, Dinas Kominfo Kabupaten Pessel pun membuat perjanjian kinerja, sebagai roadmap atau peta jalan sehingga mencapai tujuan yang diinginkan.

Kepala Dinas Kominfo Wendi mengatakan, Pertama terkait dengan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik atau SPBE. MenPANRB mengukurnya dari 1 sampai level 5. Makin tinggi levelnya, menandakan SPBE suatu daerah itu makin baik. Saat ini indek SPBE Kabupaten Pesisir Selatan sudah pada angka 4,17 atau Sangat Baik. Pada tahun 2024 ini ditargetkan mencapai indek 4,25 atau Memuaskan.

Sejak diregulasikan pada tahun 2018 oleh KemenPANRB, Pesisir Selatan mulai berangsur menerapkanya, sehingga pada tahun 2019 sudah menerima penilaian 2,59 dengan kategori Cukup, andai kata 2,60 maka sudah bernilai Baik, artinya kala itu indeknya hanya kurang 0,01.

“Kawan-kawan di Kominfo berharap tahun depan nilainya lebih baik lagi, sehingga untuk itu dilakukan evaluasi terhadap penerapan SPBE ini,” ucapnya.

Dari evaluasi itulah maka ada perbaikan domain yang menjadi penilaian, dan Alhamdulillah pada tahun berikutnya 2020, indek SPBE Pessel sudah diangka 3,40 alias kategori Baik. Indek itu bertahan selama 3 tahun, 2021, 2022 dan 2023. Maka, baru pada tahun 2024 (penilaian 2023), indeknya mencapai 4,17 atau kategori Sangat Baik.

“Tentu, lompatan indek SPBE itu menjadi catatan baik bagi daerah dan menjadi praktek baik yang kemudian ditiru oleh banyak daerah,” katanya.

Kedua, terkait dengan sasaran Evaluasi Pelaksanaan Statistik Sektoral (EPSS) yang juga menjadi konsen Diskominfo, sehingga walau barang baru, dan tahun lalu nilainya hanya 1,62 kategori Kurang. Maka, Tahun 2024 ini Diskominfo bertekad untuk mencapai angka 2,6 atau kategori Baik.

EPSS memang masih dalam tahap sosialisasi, dan belum semasif SPBE, namun, upaya peningkatan indeknya menjadi bukti bahwa penilaian yang dilakukan pun menjadi fokus kedepan.

Beberapa hari yang lalu, sudah dilakukan evaluasi internal dan akan dilanjutkan evaluasi oleh tim eksternal. Tentu, EPSS juga merupakan kaloborasi Kominfo dan BPS Kabupaten Pessel, serta OPD yang ditunjuk untuk dijadikan sampel penilaian.

Ketiga, Kominfo juga memastikan bahwa Keterbukaan Informasi Publik terjaga dan terjamin. Maka, sebagai PPID Utama, Kominfo Pessel juga terus melakukan pemantauan, monitoring dan pembinaan kepada PPID Pembantu/OPD. Evaluasi PPID ini juga dilakukan secara berkala oleh instansi eksternal, Komisi Informasi.

Editor : Wanda Nurma Saputri
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini