DPRD Sumbar 2024-2029 Gelar Rapat Pertama, Ungkap Fokus Kerja Jangka Pendek

×

DPRD Sumbar 2024-2029 Gelar Rapat Pertama, Ungkap Fokus Kerja Jangka Pendek

Bagikan berita
DPRD Sumbar 2024-2029 Gelar Rapat Pertama, Ungkap Fokus Kerja Jangka Pendek
DPRD Sumbar 2024-2029 Gelar Rapat Pertama, Ungkap Fokus Kerja Jangka Pendek

KUPASONLINE.COM - Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) periode 2024-2029 menggelar rapat pertama sekaligus acara silaturahmi pada Kamis, 29 Agustus 2024. Acara ini dipimpin oleh Ketua DPRD Sumbar sementara, Irsyad Syafar, didampingi oleh Wakil Ketua DPRD sementara, Eviyandri Dt Rajo Budiman, dan berlangsung di ruang sidang utama DPRD.

Rapat tersebut dihadiri oleh 65 anggota DPRD Sumbar yang baru terpilih, di mana mereka saling memperkenalkan diri serta menyampaikan harapan dari daerah pemilihan (Dapil) masing-masing.

Secara umum, para anggota dewan menyampaikan fokus utama mereka pada pemenuhan infrastruktur layak serta program-program yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sebagai sasaran kerja jangka pendek.

Irsyad Syafar, dalam sambutannya, menjelaskan bahwa rapat pertama ini bertujuan untuk mempererat hubungan antaranggota DPRD yang kini berada dalam satu lembaga. Ia juga menekankan pentingnya rapat ini sebagai langkah awal dalam pembentukan Alat Kelengkapan Dewan (AKD).

"Adapun AKD yang harus terbentuk dalam waktu dekat meliputi Badan Musyawarah (Bamus), pembagian fraksi-fraksi, komisi-komisi, Badan Anggaran (Banggar), Badan Kehormatan (BK), hingga penetapan unsur pimpinan," ujar Irsyad.

Irsyad juga menekankan bahwa pimpinan sementara DPRD memiliki tugas penting dalam memimpin rapat, memfasilitasi pembentukan fraksi, menyusun rancangan peraturan tentang Tata Tertib DPRD, dan memproses penetapan pimpinan DPRD yang definitif. Ia menambahkan, "Setelah kita duduk di lembaga legislatif, tidak ada lagi perbedaan antara mereka yang memilih kita dan yang tidak. Semua harus dilayani dengan baik demi kepentingan masyarakat Sumbar dan Indonesia."

Dalam perkenalan diri yang dilakukan oleh setiap anggota DPRD, berbagai harapan dan aspirasi dari masyarakat di Dapil masing-masing disampaikan.

Bagas Penyusunan Nasution, anggota DPRD termuda dari Partai PKB, yang mewakili Dapil Enam, menyatakan komitmennya untuk memperjuangkan pembangunan infrastruktur demi meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya di Dapilnya.

"Banyak harapan dari masyarakat Dapil saya untuk memperhatikan infrastruktur, dan itu harus diperjuangkan," ujar Bagas, yang juga masih merupakan mahasiswa aktif di Fakultas Teknik Industri Universitas Guna Dharma Jakarta.

Nanda Satria, anggota DPRD dari Dapil Satu yang berasal dari Partai Nasdem, mengungkapkan fokusnya pada pengembangan kapasitas pemuda Sumbar. "Banyak sarjana yang menganggur karena tidak disertai dengan skill yang relevan. Ke depan, saya berkomitmen untuk menjalankan program-program yang berkaitan dengan peningkatan kapasitas pemuda agar mereka siap bersaing di era global," ujarnya.

Editor : Wanda Nurma Saputri
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini