Tim Kesjor Dinkes Pessel Melakukan Kunjungan Ke SMPN 4 Lengayang

×

Tim Kesjor Dinkes Pessel Melakukan Kunjungan Ke SMPN 4 Lengayang

Bagikan berita
Tim Kesjor Dinkes Pessel Melakukan Kunjungan Ke SMPN 4 Lengayang
Tim Kesjor Dinkes Pessel Melakukan Kunjungan Ke SMPN 4 Lengayang

KUPASONLINE.COM - Tim Kesehatan Kerja dan Olahraga (Kesjaor) Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) bersama Tim Kesjaor Puskesmas Koto Baru Kecamatan Lengayang, melakukan kunjungan ke Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 4 Lengayang.

Kunjungan yang dilakukan Rabu (21/8) itu dalam rangka pengukuran kebugaran kesehatan siswa.

Kepala Dinas Kesehatan Pessel, Agustina Rahmadani, menjelaskan sebelum pengukuran kebugaran kesehatan siswa dilakukan oleh petugas Penyakit Tidak Menular (PTM), terlebih dahulu dilakukan tekanan darah, tinggi badan, berat badan, dan lingkar perut.

"Tujuannya agar kondisi kesehatan dari siswa siswi yang akan dilakukan pengukuran kebugaran kesehatannya bisa diketahui," katanya.

Dijelaskannya bahwa kebugaran jasmani adalah kemampuan seseorang dalam melakukan aktivitas keseharian tanpa mengalami kelelahan yang berarti, dan masih mempunyai cadangan sisa tenaga untuk melakukan aktivitas yang lain.

"Konsep kebugaran jasmani dapat dibedakan menjadi kebugaran yang berkaitan dengan kesehatan dan unjuk kerja (performance). Kebugaran yang berkaitan dengan kesehatan antara lain ditentukan oleh empat komponen kebugaran jasmani," ungkapnya.

Kepala UPT Puskesmas Koto Baru, Kecamatan Lengayang, Nipradana, menambahkan bahwa tes kebugaran jasmani juga dilakukan untuk seleksi pekerjaan tertentu, sebab dengan lulusnya tes kebugaran, dapat memastikan seseorang mampu melakukan pekerjaan yang dilamar.

Lebih jauh dijelaskan bahwa tes kebugaran jasmani juga memiliki tujuan pribadi. Misal untuk menentukan jenis latihan dan rencana penurunan berat badan mana yang sesuai dengan kondisi seseorang.

Pasalnya seseorang bisa membandingkan hasil pengujian terhadap orang lain dengan kelompok usia dan jenis kelamin yang sama.

"Hasil pengujian juga bisa menunjukkan kemungkinan cedera atau risiko kesehatan tertentu. Sehingga Anda dapat mengambil tindakan pencegahan sebelum merasakan gejalanya. Makanya pengukuran kebugaran kesehatan siswa ini perlu dilakukan, agar kondisi kesehatan mereka bisa terus terpantau," tutupnya. (Zan)

Editor : Wanda Nurma Saputri
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini