Pj Walikota Padang Dukung Esports sebagai Ekstrakurikuler di Sekolah

×

Pj Walikota Padang Dukung Esports sebagai Ekstrakurikuler di Sekolah

Bagikan berita
Pj Walikota Padang Dukung Esports sebagai Ekstrakurikuler di Sekolah
Pj Walikota Padang Dukung Esports sebagai Ekstrakurikuler di Sekolah

KUPASONLINE.COM - Pengurus Esports Indonesia (ESI) Kota Padang melakukan pertemuan dengan Pj. Walikota Padang, Andree Algamar, guna membahas persiapan gelaran Walikota Cup Esport Series yang akan diselenggarakan untuk tingkat pelajar di Kota Padang.

Kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi antara ESI Padang dan Pemko Padang dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober mendatang.

Salah satu tujuan utama dari ajang ini adalah untuk menekan angka kenakalan remaja yang sering terjadi, seperti tawuran, bolos sekolah, dan perjudian online, dengan menyediakan wadah yang positif bagi para penggemar Esports di Kota Padang.

Ketua Pengcab ESI Padang, Rozi Rabbani, mengungkapkan bahwa Esports masih sering dipandang sebelah mata oleh sebagian masyarakat yang kurang memahami bahwa Esports merupakan cabang olahraga resmi di bawah naungan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).

"Sebagai pengurus ESI, kami harus proaktif dalam memberikan pembinaan dan pendekatan kepada masyarakat luas agar mereka menyadari potensi besar yang dimiliki oleh Esports. Kami berharap Esports di Kota Padang dapat berkembang dan melahirkan atlet-atlet berprestasi hingga ke level internasional," ujar Rozi.

Rozi, yang juga menjabat sebagai Sekretaris Umum PPI Sumbar, menambahkan bahwa beberapa atlet ESI Sumbar telah berhasil meraih prestasi tidak hanya di tingkat lokal, tetapi juga di tingkat internasional.

"Oleh karena itu, kita perlu membangun fondasi dan ekosistem yang kuat untuk memajukan Esports di Kota Padang," lanjutnya.

Di sisi lain, Pj. Walikota Padang, Andree Algamar, menyatakan dukungan penuh terhadap Esports dan mendorong agar cabang olahraga ini dijadikan sebagai ekstrakurikuler di sekolah-sekolah di Kota Padang.

Menurutnya, Esports adalah kegiatan positif yang sudah diakui sebagai cabang olahraga prestasi dan akan dipertandingkan dalam PON Aceh-Sumut 2024.

"Dengan semakin banyaknya kegiatan positif yang diberikan kepada generasi muda, energi negatif mereka dapat disalurkan ke arah yang lebih konstruktif, sehingga tidak akan merusak atau membahayakan mereka. Harapan kami, Esports dapat menekan angka tawuran di Kota Padang," tegas Andree.

Editor : Wanda Nurma Saputri
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini