Payakumbuh Rusuh, Seorang Warga Nekat Tendang Tameng Sispam

×

Payakumbuh Rusuh, Seorang Warga Nekat Tendang Tameng Sispam

Bagikan berita
Payakumbuh Rusuh, Seorang Warga Nekat Tendang Tameng Sispam Polres Payakumbuh, bertempat di gelanggang Pacuan Kuda, kelurahan Tiakar, kecamatan Payakumbuh Timur, Rabu 21 Agustus 2024.
Payakumbuh Rusuh, Seorang Warga Nekat Tendang Tameng Sispam Polres Payakumbuh, bertempat di gelanggang Pacuan Kuda, kelurahan Tiakar, kecamatan Payakumbuh Timur, Rabu 21 Agustus 2024.

KUPASONLINE.COM - Bertempat di gelanggang Pacuan Kuda, kelurahan Tiakar, kecamatan Payakumbuh Timur, Rabu 21 Agustus 2024. Kota Payakumbuh rusuh, sehingga salah seorang warga nekat menendang tameng Sistem Pengamanan (Sispam) Polres Payakumbuh.

Simulasi yang dilaksanakan jajaran Polres Payakumbuh itu, dimulai dari tahap kampanye, masa tenang, dan pemungutan suara di TPS, pergeseran kotak suara menuju PPS. Selanjutnya tahap perhitungan surat suara di Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Payakumbuh.

Kapolres Payakumbuh AKBP Ricky Ricardo dikesempatan itu, mengatakan perkembangan situasi Kamtibmas yang mulai meningkat baik secara kualitas maupun secara kuantitas seiring peningkatan suhu politik.

"Guna mengantisipasi kemungkinan yang akan terjadi. Maka diperlukan upaya penanggulangan secara cepat, tepat, dan benar,"ungkapnya.

Salah satu upaya untuk mengantisipasi kejadian-kejadian yang berdampak kepada keamanan dan ketertiban jalannya pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2024. Polres Payakumbuh melaksanakan Simulasi Sispam Kota.

Sispam Kota tersebut bertujuan untuk menyamakan pola pikir dan pola tindak dalam pengaman Pilkada serentak 2024. Memberikan gambaran kepada peserta simulasi dan instansi terkait tentang permasalahan yang diperkirakan akan terjadi dilapangan. Berikut penanganannya.

"Selanjutnya, meningkatkan kemampuan keterampilan teknis. Dan taktis perorangan sumber daya manusia Polri, sehingga terwujud personil yang profesional dan proporsional dalam menghadapi ancaman Pilkada di kota Payakumbuh serta ancaman lainnya," ujar kapolres.

Sebelumnya Pj Walikota Payakumbuh Suprayitno diwakili Asisten III Pemko Payakumbuh Ifon Satria Chan mengatakan, persiapan dalam pengamanan sangat diperlukan menjelang Pilkada serentak 2024.

Untuk itu, pemerintah kota Payakumbuh mengapresiasi Polres Payakumbuh yang melaksanakan kegiatan Simulasi Sispam Kota, dalam rangka kesiapan Pengamanan Pemilihan Serentak Nasional (Pilkada) tahun 2024

"Kesiapan seluruh pihak dalam rangka menyukseskan seluruh tahapan Pilkada sangat dibutuhkan. Salah satu yang utama tentu dari pengamanannya, kami mengapresiasi dan berterimakasih kepada Polres Payakumbuh yang telah melaksanakan simulasi ini,"ujarnya.

Editor : Wanda Nurma Saputri
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini