Penilaian BPP Berprestasi, Sekda Mawardi Roska: Pola MTOT Mampu Tingkatkan Produksi Pertanian

×

Penilaian BPP Berprestasi, Sekda Mawardi Roska: Pola MTOT Mampu Tingkatkan Produksi Pertanian

Bagikan berita
Penilaian BPP Berprestasi, Sekda Mawardi Roska: Pola MTOT Mampu Tingkatkan Produksi Pertanian
Penilaian BPP Berprestasi, Sekda Mawardi Roska: Pola MTOT Mampu Tingkatkan Produksi Pertanian

KUPASONLINE.COM - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pesisir Selatan, Mawardi Roska, atas nama Kepala Daerah memberikan dan berterima kasih atas kinerja Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan dalam penyelenggaraan penyuluhan pertanian, baik secara administrasi, pengaturan, pengelolaan dan pemanfaatannya.

Hal itu disampaikan Mawardi Roska, saat menyerahkan Piagam Gubernur Sumatera Barat kepada BPP Kecamatan Lunang, Senin, (19/8), pada Apel di Kantor Bupati Pesisir Selatan di Painan. BPP Lunang meraih Juara 1 dalam ajang Penilaian BPP Berprestasi Tingkat Propinsi Tahun 2024, dan terpilih mewakili Propinsi Sumatera Barat di tingkat nasional.

"Pemberian penghargaan ini adalah untuk memberikan motivasi dalam rangka peningkatan sumber daya manusia petugas, petani, serta kelembagaan petani untuk dapat meningkatkan kinerja dan produktivitas dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya sebagai penggerak pembangunan sektor pertanian di lapangan"ucapnya

Sekda Mawardi Roska berharap keberhasilan BPP Pertanian atau penyuluh pertanian ini dapat dijadikan memotivasi untuk meningkatkan produksi hasil-hasil pertanian, dan menjadikan pertanian sebagai prospek lapangan pekerjaan yang menjadikan bagi kalangan genesi muda, atau anak-anak milemial di daerah ini.

Kelembagaan BPP dan penyuluh diharapkan dapat berperan aktif membantu petani dalam menerapkan teknologi, dan meningkatkan produksi gabah, beralih dari pola bercocok secara konvenaioanl ke sistem MTOT (Mulsa Tanpa Olah Tanam). Cara bercocok tanam padi sawah ini tidak memberatkan petani karena hanya perlu biaya (kost) kecil, dan produksi gabahnya juga tinggi.

Sebagaimana dijelaskan, BPP Lunang berhasil menorehkan prestasi terbaik berdasarkan penilaian Tim Penilai Lomba BPP Berprestasi Tingkat Propinsi Tahun 2024. Tim Penilai melakukan penilaian terhadap petani, penyuluh pertanian dan Kelembagaan Penyuluhan Pertanian (BPP/ Gapoktan) Kecamatan Lunang, dan menunjukkan dedikasi dan prestasi kerja dalam pembangunan pertanian.

Sedangkan, untuk penilaian Penyuluh Pertanian Teladan Tingkat Sumatera Barat Tahun 2024 Kabupaten Pesisir Selatan hanya kebagian peringkat ke-2, atas nama Afdiron Novondra, SP, dari BPP Koto XI Tarusan. Atas prestasi terbaiknya ini juga mendapatkan Piagam Penghargaan dan Uang tunai sebesar Rp.10 juta rupiah dan berhak mewakili Propinsi Sumatera Barat di tingkat nasional. (Zan)

Baca berita terkait Kabupaten Pesisir Selatan lainnya di Google News

Editor : Wanda Nurma Saputri
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini