Bupati Safaruddin Berikan Perhatian Lebih Kepada Pekerja Keagamaan

×

Bupati Safaruddin Berikan Perhatian Lebih Kepada Pekerja Keagamaan

Bagikan berita
Total 3.284 guru ngaji, imam dan gharim masjid telah di daftarkan oleh bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, baru-baru ini.
Total 3.284 guru ngaji, imam dan gharim masjid telah di daftarkan oleh bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, baru-baru ini.

KUPASONLINE.COM - Kepedulian bupati kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat Safaruddin Dt. Bandaro Rajo terhadap masyarakatnya sangat tinggi. Kini terbukti lagi, di BPJS Ketenaga Kerjaan. Total 3.284 guru ngaji, imam dan gharim masjid telah di daftarkan oleh pemerintah daerah.

"Oleh karena itu, pemerintah selalu berkomitmen penuh memberikan perhatian lebih kepada pekerja keagamaan yang selama ini belum mendapat sentuhan dari pemerintah," ujar bupati saat membuka sosialisasi program dan manfaat BPJS Ketenaga Kerjaan serta penyerahan kartu peserta kepada tenaga pembimbing Baliak Basurau yang terdiri dari guru TPQ, MDTA, dan imam masjid, di aula kantor bupati setempat, baru-baru ini.

Bupati Safaruddin menjelaskan, sebagai bentuk perhatian dan dukungan pemerintah daerah dalam mensukseskan program Baliak Basurau adalah dengan memberikan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) guru TPA, imam, gharim masjid di daerah yang kita cintai ini.

Turut hadir dalam pembukaan Kepala Kantor Kemenag setempat Irwan, Kepala Cabang BPJS Ketenaga Kerjaan Nicko Alfiansa, Plt. Asisten I Eki Hari Purnama, dan ratusan peserta sosialisasi.

Bupati Safaruddin menambahkan, optimalisasi penyelenggaraan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi para gharim, guru ngaji, maupun imam merupakan upaya dalam menjaga komitmen kolaborasi dan sinergi, baik untuk mewujudkan kepastian perlindungan dan kesejahteraan sosial bagi pekerja salah satunya pekerja keagamaan.

Pemerintah Daerah memastikan bahwa upaya mewujudkan Limapuluh Kota Madani harus dilakukan secara bersama-sama. Salah satu visi pembangunan daerah tersebut adalah mewujudkan SDM Limapuluh Kota yang berdaya saing.

Tahun ini pemerintah daerah juga menganggarkan insentif bagi 3305 guru TPQ, MDTA dan imam/ghraim masjid dengan nilai Rp100.000 setiap bulannya. Program tersebut diharapkan dapat menjadi bagian dari peningkatan kesejahteraan para pengiat Al-Qur'an dan imam masjid.

"Program penguatan Balik Basurau merupakan program prioritas yang harus dilaksanakan secara berkelanjutan bagi masyarakat, memastikan terwujudnya Limapuluh Kota Madani,"jelas bupati.

Sebelumnya, Kakan Kemenag Limapuluh Kota H. Irwan, menyampaikan Kementerian Agama bersama pemerintah daerah telah menetapkan grand desain pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) daerah yang handal, berilmu, beriman, dan berbudaya dengan etos kerja yang tinggi. Salah satu program penting dalam mewujudkan SDM yang handal tersebut adalah memastikan aspek pendidikan Al-Qur'an menjadi program strategis seluruh komponen.

Tahun ini Kementerian Agama dan Pemerintah Daerah memiliki komitmen Setiap peserta didik yang menamatkan pendidikan di satuan pendidikan baik sekolah umum maupun madrasah wajib memiliki hafalan Alquran minimal satu juz.

Editor : Wanda Nurma Saputri
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini