Padang Punya Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cilik Baru

×

Padang Punya Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cilik Baru

Bagikan berita
Padang Punya Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cilik Baru
Padang Punya Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cilik Baru

KUPASONLINE.COM - Padang Punya Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cilik Baru. Pada Sabtu (10/8) siang, dua anak Kota Padang berhasil terpilih sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cilik. Pengumuman ini berlangsung di Youth Center Bagindo Azizcan, dengan Diana Earlene Ghazwani dari SMPN 8 Padang dan Zio Azka Tama dari SMPN 5 Padang yang menjadi pemenang.

Diana dan Zio terpilih setelah bersaing dengan total 77 kontestan yang telah mengikuti proses seleksi sejak awal Juli 2024. Proses penjurian final dilakukan pada siang hari ini untuk menentukan pasangan Wali Kota Cilik yang akan memimpin.

Penjabat (Pj) Wali Kota Padang, Andree Algamar, dalam sambutannya menyampaikan bahwa ajang ini adalah bentuk komitmen Pemerintah Kota Padang dalam mengoptimalkan peran anak-anak dalam pembangunan kota. "Suara anak sangat penting ketika diwujudkan dalam bentuk kegiatan yang mendukung pembangunan. Sudah saatnya suara anak didengar dan berkontribusi untuk kemajuan kita bersama," ungkapnya.

Ia juga menyoroti tantangan yang dihadapi Kota Padang, terutama terkait kenakalan remaja seperti tawuran dan balap liar. "Ini adalah pekerjaan rumah kita bersama. Jangan sampai kita baru bertindak setelah ada korban. Perlu perhatian dan langkah strategis dari semua pihak," tegasnya.

Wali Kota Cilik terpilih, Diana Earlene Ghazwani, mengungkapkan rasa syukurnya atas terpilihnya dirinya dalam ajang ini. "Lewat ajang ini, saya ingin mengembangkan potensi dan berkontribusi dalam menjadikan Kota Padang sebagai kota yang ramah anak," ujarnya.

Selain pengumuman Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cilik, acara ini juga menampilkan penyerahan anugerah kepada enam pasang Duta Anak Kota Padang, yaitu Duta Cegah Stunting, Duta Anti Napza, Duta Anti Kekerasan, Duta Cegah Kawin Muda Anak, Duta Literasi, dan Duta Tangguh Bencana.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB), Eri Sanjaya, menjelaskan bahwa ajang ini bertujuan memberikan ruang bagi kreativitas dan prestasi anak-anak Kota Padang serta menyiapkan figur remaja yang bisa menjadi teladan di kalangan mereka.

"Sejak pendaftaran lomba dimulai, ada 77 peserta yang mendaftar. Setelah melalui proses seleksi, terpilih 14 finalis yang kita umumkan hari ini," jelasnya.

Para peserta yang mengikuti ajang ini berasal dari siswa SMP/MTs sederajat dan diwajibkan membuat karya tulis sebelum mengikuti seleksi wawancara. Eri berharap para pemenang yang terpilih bisa mewakili Kota Padang dalam ajang pemilihan Duta Genre 2025.

"Seperti tahun lalu, perwakilan Kota Padang berhasil menjadi yang terbaik di tingkat Sumbar dan melaju ke tingkat nasional. Semua itu berawal dari ajang ini," tutupnya. (*)

Editor : Sri Agustini
Bagikan

Berita Terkait
Terkini