Supardi : Expo SMK Membuka Ruang dan Peluang Bagi Siswa Berinovasi Sampai ke International

×

Supardi : Expo SMK Membuka Ruang dan Peluang Bagi Siswa Berinovasi Sampai ke International

Bagikan berita
Supardi. SH ---Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat
Supardi. SH ---Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat

KUPASONLINE.COM - Ketua DPRD provinsi Sumatera Barat, Supardi.SH menyampaikan international expo Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) sudah kita rancang dua tahun lalu. Perencanaan International expo itu dikemas sejak Bimtek digitalisasi untuk guru SMK se-Payakumbuh.

"Tujuan diadakan, agar SMK Sumbar memiliki produk yang inovatif dan bersaing. Kami tak ingin, siswa SMK hanya jatuh jadi pekerja. Mesti ada siswa SMK Sumbar dan sekolah yang mampu bersaing secara kompetitif,” ujar Supardi kepada sejumlah wartawan di medan bapaneh Ngalau Indah, kota Payakumbuh, baru-baru ini.

Selain itu, tambah Supardi kegiatan ini juga mempromosikan kompetensi teknis dan profesional lulusan SMK Sumatera Barat sesuai dengan tuntutan dunia kerja, serta meningkatkan kemampuan dan profesionalisme guru melalui pelatihan dan pengembangan karir.

Supardi yakin dua-tiga tahun kedepan akan banyak dari siswa SMK yang bakal melahirkan inovasi, produk-produk terbaru mereka. Karena itu expo SMK membuka ruang dan peluang bagi siswa kita untuk berinovasi sampai ke international.

"Jauh sebelum international expo SMK, pihaknya telah menggelar serangkaian kegiatan, diantaranya kunjungan ke dunia usaha dan Industri, pelatihan terhadap ribuan guru SMU/K dan bimbingan teknis (Bimtek) digitalisasi,"terang Supardi.

Sementara itu, kepala dinas pendidikan provinsi Sumatera Barat melalui koordinator kurikulum SMK, Anita saat press conference, Selasa 6 Agustus 2024 di lokasi, menyebutkan kegiatan expo yang diinisiasi ketua DPRD Sumbar melalui dana pokok pikiran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah itu, selain menampilkan produk-produk dari SMK yang telah melewati proses kurasi, juga bakal hadir industri dari berbagai negara dan provinsi.

Dengan kolaborasi berbagai pihak itu, kita berharap kegiatan expo bisa berjalan dengan baik dan sesuai dengan yang diharapkan.

Melalui dana pokok pikiran (Pokir) ketua DPRD provinsi Sumatera Barat, Supardi, dinas pendidikan provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menggelar international expo SMK, Rabu hingga Minggu 7-11 Agustus 2024.

Ditambahkan Anita, beberapa tamu industri dari luar negeri bakal hadir seperti Malaysia, Jepang, Vietnam dan Jerman, serta industri dari dalam negeri (Indonesia) diantaranya dari Jakarta, Surabaya, Yogyakarta dan Batam.

Expo SMK Sumatera Barat 2024 didukung Kemendikbudristek RI, Kemenpar dan Ekraf, Kemenaker, DPRD provinsi Sumbar, perguruan tinggi itu bakal dihadiri ribuan orang dari berbagai provinsi hingga luar negeri.

Editor : Wanda Nurma Saputri
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini