Dibuka Bupati Solok, Kolaborasi Galanggang Arang, Napak Tilas TDS dan Festival Tari di Dermaga Singkarak, Menyala!

×

Dibuka Bupati Solok, Kolaborasi Galanggang Arang, Napak Tilas TDS dan Festival Tari di Dermaga Singkarak, Menyala!

Bagikan berita
Bupati Epyardi Asda, Hj. Emiko dan Pejabat lainnya, memukul gendang tabuah, dimulainya Galanggang Arang 2024 di Dermaga Singkarak.
Bupati Epyardi Asda, Hj. Emiko dan Pejabat lainnya, memukul gendang tabuah, dimulainya Galanggang Arang 2024 di Dermaga Singkarak.

Kemudian, juga ada, Camat se-Kabupaten Solok, Wali Nagari se-Kabupaten Solok, Niniak Mamak, Alim Ulama, Cadiak Pandai dan Tamu undangan lainnya.

Galanggang Arang adalah, Program Direktorat Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan (PPK) Kemendikbudristek, bekerjasama dengan Pemerintah Daerah, BUMN, dan pihak swasta. Untuk memperkuat ekosistem Warisan Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto ( WTBOS ), yang diakui sebagai Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2019.

Tahun 2024, Kegiatan Galanggang Arang di Kabupaten Solok, dilaksanakan di Dermaga Singkarak, Nagari Singkarak, pada tanggal 2-3 Agustus 2024.

Peehelatan ini, merupakan titik ke-7 setelah Pembukaan tanggal 4 Mei lalu di kota Padang dan berlanjut ke Kota Solok, Kota Sawahlunto, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Sijunjung, dan Kabupaten Tanah Datar.

Galanggang Arang merupakan program Direktorat Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan (PPK) Dirjen Kebudayaan kemendikbudristek RI.

Tujuan program ini adalah, untuk mengaktivasi Warisan Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto (WTBOS) setelah disahkan oleh UNESCO di tahun 2019. Agar, dapat dimanfaatkan sebagai sumber pengetahuan, teknologi, ekspresi seni, dan budaya, bagi terwujudnya ketahanan budaya dan kesejahteraan masyarakat.

Adapun tiga Kolaborasi event yang dilaksanakan, selain Galanggang Arang 2024, juga ada Lomba Tari Se-Kabupaten Solok yang diikuti oleh 50 Sanggar Tari, Penampilan Bundo Kanduang di Alek Nagari, Tari Tampi, dan ditutup dengan Kolaborasi Seni bersama Orkes Taman Bunga.

Kemudian, juga ada pelepasan peserta Gowes Napak Tilas Tour De Singkarak, yang diikuti 209 club Pesepeda dari berbagai wilayah di Sumbar. Dan ada juga yang dari luar Sumbar. Pada event ini, juga diberikan doorprize dan sepeda bagi pemenang gowes.

Dalam sambutanya, Bupati Epyardi Asda mengatakan, sebagai Bupati merasa senang dan bangga, dengan dilaksanakan acara ini, khususnya untuk event Gelanggang Arang. Karena,i kita bisa menyimak bagaimana proses (sejarah) pengerjaan kereta api Tambang Batubara Ombilin.

Editor : Wanda Nurma Saputri
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini