Tim PKM Departemen Biologi UNP Selenggarakan Pelatihan Fotografi Konservasi di Nagari Kasang

×

Tim PKM Departemen Biologi UNP Selenggarakan Pelatihan Fotografi Konservasi di Nagari Kasang

Bagikan berita
Tim PKM Departemen Biologi UNP Selenggarakan Pelatihan Fotografi Konservasi di Nagari Kasang
Tim PKM Departemen Biologi UNP Selenggarakan Pelatihan Fotografi Konservasi di Nagari Kasang

KUPASONLINE.COM - Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Departemen Biologi Universitas Negeri Padang (UNP) melakukan pelatihan fotografi untuk melestarikan biodiversitas di Nagari Kasang, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat. Ini adalah bagian dari tridharma perguruan tinggi.

Reki Kardiman, Ph.D. dalam Konservasi Sumber Daya Alam, dan Relsas Yogica, M.Pd. dalam Media dan Inovasi Pembelajaran, adalah narasumber dalam kegiatan yang diketuai oleh Sandi Fransisco Pratama M.S.

Menurut Sandi Fransisco Pratama M.Sc, pelaksanaan PKM ini merupakan hibah Rencana Kerja dan Anggaran Tahunan (RKAT) dari Universitas Negeri Padang tahun 2024. Tim pengabdian beranggotakan Reki Kardiman P.hD., Rijal Satria P. hD, serta beberapa mahasiswa, Dwi Khayrun Nissha, Hijratul Hasanah, Novicka Putri Anggraeni, Arvy Anggara, Nagra Aulia Valofi, Mhd. Alfaris Pratama, Arya Bintang Ramadhan dan Muhammad Nazif Zen.

“Saat ini, Nagari Kasang memiliki keanekaragaman hayati yang terjaga dengan baik, sehingga sangat penting untuk menjaga dan melestarikannya. Salah satu cara untuk menjaga kelestariannya adalah dengan memperkenalkan keanekaragaman tersebut kepada pelajar sejak dini. Pelatihan fotografi merupakan salah satu metode yang menyenangkan untuk mengenalkan dan mendokumentasikan keanekaragaman tersebut,” ungkapnya melalui keterangan tertulis yang diterima Humas UNP, Selasa (30/7/2024).

Dalam Kegiatan Fun Fotografi On Biodiversitas, Wali Nagari Kasang Ali Buzar Tanjung menjelaskan, kegiatan yang dilakukan Departemen Biologi ini sangat memberikan manfaat bagi generasi muda di Nagari Kasang.

“Nagari Kasang berbatasan langsung dengan Kota Padang, dan sebagai daerah yang bersebelahan dengan kota, transfer budaya berlangsung dengan mudah dan cepat. Sehingga penting untuk menyediakan wadah yang positif agar transfer budaya tidak berdampak negatif. Kegiatan ini merupakan salah satu wadah positif bagi generasi muda di Nagari Kasang,” jabarnya.

Sri Wahyuni selaku Kepala Sekolah SDN 19 Batang Anai, tempat dilaksanakannya kegiatan ini, sangat mendukung terlaksananya kegiatan. Menurutnya, penting untuk dilakukan kolaborasi antara sekolah dengan perguruan tinggi untuk meningkatkan sumber daya siswa maupun guru.

Pada kegiatan ini, narasumber menyampaikan materi tentang pengenalan biodiversitas dan pentingnya menjaga biodiversitas. Selanjutnya, materi mengenai teknik fotografi hewan dan tumbuhan disampaikan pada materi kedua. Selain itu, dilakukan praktik fotografi di sekitar lokasi PKM untuk meningkatkan kemampuan fotografi.

Untuk melanjutkan kegiatan PKM ini, tim PKM bekerja sama dengan sekolah untuk mengadakan lomba fotografi hewan dan tumbuhan di masa mendatang. Diharapkan lomba ini akan mendorong pelajar untuk mencatat dan mencatat berbagai jenis hewan dan tumbuhan yang mereka lihat di lingkungan sekitar mereka.(*)

Baca berita terkait Kampus UNP lainnya di Google News

Editor : Wanda Nurma Saputri
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini