Penutupan EXPO Produk SMK: Ketua DPRD Sumbar Dorong Lulusan untuk Berwirausaha

×

Penutupan EXPO Produk SMK: Ketua DPRD Sumbar Dorong Lulusan untuk Berwirausaha

Bagikan berita
Penutupan EXPO Produk SMK: Ketua DPRD Sumbar Dorong Lulusan untuk Berwirausaha
Penutupan EXPO Produk SMK: Ketua DPRD Sumbar Dorong Lulusan untuk Berwirausaha

KUPASONLINE.COM - Produk EXPO SMK dapat dipilih melalui tiga tahapan. Tenaga Ahli membuat keputusan pada pertemuan dengan Dinas Pendidikan Sumbar pada Senin (22/7). Antara tanggal 7 dan 11 Agustus 2024 mendatang, ratusan produk yang dibuat oleh SMK dari seluruh Sumatera Barat siap untuk dipamerkan pada acara tersebut.

“Tahap I menjadi presentasi dari calon peserta. Kemudian, tenaga ahli memberikan bimbingan bagaimana sebuah produk itu bisa ‘dipasarkan’ dari beragam sisi. Baik dari dari kemasan hingga strategi pemasaran. baru di tahap terakhir, calon peserta kami minta lagi untuk presentasi sebagai penilaian akhir,” ujar Sepris Yonaldi, SE. MM., Ketua Tim Tanaga Ahli.

EXPO SMK ini sudah dirancang sejak dua tahun lalu. Sejak Bimtek Digitalisasi untuk guru SMK se-Payakumbuh diadakan. Niatnya adalah untuk mengatakan bahwa SMK sumbar memiliki produk yang bersaing. Terutama dalam hal inovatif.

“Kami tak ingin, siswa SMK hanya jatuh jadi pekerja. Mesti ada yang memberitahu bahwa siswa SMK Sumbar dan sekolah mampu bersaing secara kompetitif,” ujar Supardi, Ketua DPRD Sumbar yang juga menjadi inisiasi ekspo melalui dana pokok pikiran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.

Ia menambahkan, Ekspo akan mengekplorasi bentuk pameran semaksimal mungkin. “Ekspo ini akan memperlihatkan sisi festivalnya secara maksimal. Saya ragu, apakah pernah ada ekspo seperti ini di Indonesia,” ujarnya.

Kepala Bidang PSMK Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat, DR. Ariswan, S.Ag., M.Pd. melihat Lulusan SMK yang kompeten akan berkontribusi positif meningkatkan daya saing produk nasional. Produk yang dihasilkan SMK diharapkan menerapkan SNI baik SNI terkait sistem manajemen, maupun produk. Selanjutnya produk-produk tersebut perlu juga terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN), dan mendapatkan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI).

Ia juga mengajak agar seluruh partisipan baik terkait dengan dunia usaha untuk mendatangi program ini. “Datanglah. Karena Ekspo ini beda dengan yang lain,” promosinya.(*)

Baca juga berita terkait DPRD Sumbar lainnya di Google News

Editor : Wanda Nurma Saputri
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini