Supardi Ajak Lurah di Payakumbuh untuk Meningkatkan Kepekaan Sosial terhadap Kerawanan

×

Supardi Ajak Lurah di Payakumbuh untuk Meningkatkan Kepekaan Sosial terhadap Kerawanan

Bagikan berita
Supardi Ajak Lurah di Payakumbuh untuk Meningkatkan Kepekaan Sosial terhadap Kerawanan  KUPASONLINE.COM - Supardi, Ketua DPRD Sumbar, meminta seluruh lurah di Kota Payakumbuh untuk meningkatkan kepekaan sosial untuk mengantisipasi berbagai masalah sosial
Supardi Ajak Lurah di Payakumbuh untuk Meningkatkan Kepekaan Sosial terhadap Kerawanan KUPASONLINE.COM - Supardi, Ketua DPRD Sumbar, meminta seluruh lurah di Kota Payakumbuh untuk meningkatkan kepekaan sosial untuk mengantisipasi berbagai masalah sosial

KUPASONLINE.COM - Supardi, Ketua DPRD Sumbar, meminta seluruh lurah di Kota Payakumbuh untuk meningkatkan kepekaan sosial untuk mengantisipasi berbagai masalah sosial yang mungkin muncul.

Menurut Supardi, penurunan kepekaan sosial menyebabkan persoalan sosial seperti stunting, kemiskinan ekstrim, penyalahgunaan narkoba, perjudian online, dan lainnya. Jika ini terus terjadi, dikhawatirkan akan terjadi pembiaran, yang menyebabkan jurang persoalan sosial semakin dalam.

"Ranah Minang adalah nagari beradat bersendikan Kitabullah, tidak ada satupun perintah untuk membiarkan kita tidak peduli dengan lingkungan. Kalau kita menjalankan adat dan agama tidak akan ada lagi persoalan sosial di sekitar kita," terang Supardi.

Supardi mencontohkan fungsi rangkiang di rumah gadang yang mencerminkan kepedulian masyarakat Minangkabau dengan lingkungan.

"Rangkiang di rumah gadang itu ada tiga fungsi pertama untuk menyimpan kebutuhan pangan sehari hari, kedua untuk stok jika terjadi kelangkaan pangan dan yang ketiga difungsikan untuk membantu lingkungan seperti bencana, bantuan kepada yang membutuhkan dan sebagainya," jelas Supardi.

Supardi dalam pembukaan Bimtek Pilar Pilar Sosial Jumat (20/7) lalu diikuti oleh lurah se Kota Payakumbuh dan perwakilan masyarakat. Pertemuan pilar sosial ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang antisipasi berbagai masalah sosial.

Kerawanan sosial di Kota Payakumbuh perlu diantisipasi, karena Payakumbuh berada di daerah perlintasan. Salah satu cara yang paling efektif adalah dengan meningkatkan kepedulian sosial masyarakat.

"Bapak ibu lurah memiliki peran penting meningkatkan kepekaan dan kepedulian sosial ini, sehingga ada gerakan bersama memberantas persoalan sosial," ucap Supardi.

Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat menyelenggarakan Pertemuan Pilar Pilar Sosial dengan dana pokir dari Supardi, Ketua DPRD Sumbar. Diharapkan bahwa pilar sosial yang diikuti oleh berbagai bagian masyarakat ini akan menjadi inspirasi bagi gerakan sosial yang bertujuan untuk mengantisipasi masalah sosial yang akan muncul di Kota Payakumbuh.(*)

Baca juga berita terkait DPRD Sumbar lainnya di Google News

Editor : Wanda Nurma Saputri
Bagikan

Berita Terkait
Terkini