Sebanyak 4.165 Mahasiswa UNP Mulai Tugas PLK dan Asisten Mengajar Semester Juli-Desember 2024

×

Sebanyak 4.165 Mahasiswa UNP Mulai Tugas PLK dan Asisten Mengajar Semester Juli-Desember 2024

Bagikan berita
Sebanyak 4.165 Mahasiswa UNP Mulai Tugas PLK dan Asisten Mengajar Semester Juli-Desember 2024
Sebanyak 4.165 Mahasiswa UNP Mulai Tugas PLK dan Asisten Mengajar Semester Juli-Desember 2024

KUPASONLINE.COM - Pada hari Senin, 22 Juli 2024, Universitas Negeri Padang (UNP) melepas 4165 Mahasiswa Praktek Lapangan Kependidikan (PLK) - Asisten Mengajar (AM) untuk Semester Juli hingga Desember 2024. Rektor UNP Krismadinata, Ph.D., mengadakan acara di Auditorium UNP untuk menandai pelepasan dan penyerahan simbolis Mahasiswa PLK UNP kepada Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Kota Padang, dan Kementerian Agama Kantor Wilayah (Kanwil) Sumbar.

Dalam sambutannya, rektor Kris menyatakan bahwa praktik lapangan kependidikan ini adalah kesempatan yang luar biasa untuk belajar secara langsung dari orang-orang yang benar-benar bekerja di lapangan.

"Ini adalah kesempatan untuk mengasah keterampilan mengajar, memperdalam pemahaman tentang dinamika pendidikan, dan membangun karakter sebagai pendidik yang profesional," paparnya.

Pada kesempatan itu, Krismadinata juga memberikan motivasi bagi para mahasiswa mengenai "Growth Mindset", bagaimana menyikapi segala bentuk perubahan yang terjadi kedepannya dengan pemikiran yang berkembang juga.

Sementara itu Kepala Lembaga Pegembangan Pendidikan dan Pelaksana Tugas Strategis (LP3S) Prof. Dr. Jamaris, M.Pd berharap kegiatan PLK ini tidak hanya sebagai sarana pembelajaran bagi mahasiswa namun mahasiswa bisa menjadi agen pembaharuan mengingat terkininya kemampuan para mahasiswa di bidang teknologi informasi sehingga bisa membantu pengembangan materi pembelajaran, media pembelajaran dan video pembelajaran.

"Kami mohon kepada sekolah untuk melibatkan secara penuh mahasiswa kami mulai dari perencanaan pembelajaran, pembuatan soal ujian dan bahkan sampai mengisi nilai rapor yang tidak akan mereka dapatkan di perkuliahan. Bisa dimanfaatkan di bidang no teaching. Tak hanya piket namun juga segi administrasi," paparnya.

Kepala Pusat PLK Dr. Muhammad Adri, M.T dalam laporannya mengatakan PLK ini dimulai dari 22 Juli hingga 21 Desember 2024 yang disebar ke 450 sekolah mitra. Pada acara itu para mahasiswa yang akan mengikuti PLK juga disuguhi materi mengenai Tata Laksana, Tugas dan Kewajiban Mahasiswa PLK-Asistensi Mengajar oleh Dr. Muhammad Adri, M.T.

Selanjutnya, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VIII Sumbar dari Dinas Pendidikan Sumbar menyampaikan materi tentang Potensi Pengembangan Edu Tourism di Kabupaten Kepulauan Mentawai dan Menyiapkan Generasi Mentawai Maju melalui Pendidikan Berkualitas. Materi terakhir disampaikan oleh Kepala Kanwil Kemenag Sumbar tentang Peran Lembaga Pendidikan Agama dalam membangun Generasi Muda Berkarakter dan Berakhlak Mulia.(*)

Baca berita terkait Kampus UNP di Google News

Editor : Wanda Nurma Saputri
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini