35 Tahun Selamatkan Ribuan Ranmor di Jalan Soekarno Hatta, Muck Jhun Diminta Pensiun

×

35 Tahun Selamatkan Ribuan Ranmor di Jalan Soekarno Hatta, Muck Jhun Diminta Pensiun

Bagikan berita
Zulhanafi alias Muck Jhun--- Bertahun-tahun selamatkan Ribuan Ranmor.
Zulhanafi alias Muck Jhun--- Bertahun-tahun selamatkan Ribuan Ranmor.

KUPASONLINE.COM - Juru parkir (Jurkir) Zulhanafi (58) alias Mack Jhun, bertahun-tahun, bergelut dengan terik matahari, hujan dan rintangan kerikil tajam berjuang membesarkan 1 istri dan 3 orang anak, hingga ke tiga anaknya sukses mengantongi ijazah sarjana.

Tidak hanya itu, selama lebih kurang 35 tahun menyelamatkan ribuan berbagai jenis kendaraan bermotor (Ranmar) di lokasi yang ia jaga setiap harinya di jalan Soekarno Hatta, tepatnya di depan sate Dangung-dangung kota Payakumbuh.

Bincang-bincang dengannya di sebuah restoran ternama di Payakumbuh di meja 6, Minggu 21 Juli 2024, menyebutkan, pekerjaan ini sudah menjadi darah daging selama 35 tahun, apa hendak dikata, jika pekerjaan itu diiringi dengan hobbi dan tekun, tentunya berbuah manis.

Sebagai juru parkir, tentu ada kendala dilapangan, menyikapi itu harus kita jalani dengan senyum. Contohnya ketika kita hendak memungut uang parkir kepada yang memiliki kendaraan, ada-ada saja alasannya untuk tidak membayar parkir. Orang itu menyebutkan tidak ada uang kecil.

"Rata-rata setiap hari 10-15 orang yang menyebutkan tidak ada uang kecil. Pada malam harinya menjelang tidur, saya berpikir, berarti semua juru parkir menyimpan uang besar. Kalau begitu lebih kaya pula juru parkir dari masyarakat yang memiliki kendaraan 2 atau 3,"pikir saya.

Cerita demi cerita, Muck Jhun punya pergaulan luas, tidak saja masyarakat kalangan bawah, dengan petinggi-petinggi Payakumbuh dan Limapuluh Kota pun berhubungan baik.

Dia juga menyebutkan, semasa Walikota pak Josrizal Zain kepala Perhubungan Harmayunis alias Inyiak, mendapat penghargaan juru parkir terbaik, piagam itulah yang membuat saya termotivasi bekerja sungguh-sungguh.

"Diusia senja ini, saya sudah mulai berpikir ke yang satu. Kini menyiapkan diri untuk menyempurnakan ibadah. Kalau PNS diusia 58 tahun sudah pensiun dan ada uang tabungan usia tua dan gaji pensiun setiap bulan. Itulah bedanya kita dengan PNS, ya alhamdillah hingga sekarang kami sekeluarga sehat wal afiat,"ujar pengemar sepak bola itu.

Ditempat yang sama Eri Warman (70) warga kelurahan Payolansek kecamatan Payakumbuh Barat, menyebutkan, kenal dengan Muck Jhun sejak ia aktif menjadi juru parkir dan belum pernah terdengar bagi kita para pengemudi dan pemilik ranmor yang "tapakiak" di kawasan parkirnya.

Artinya, dia sangat piawai dan hati-hati bertugas dan patut diberi reword, apalagi di usia senjanya sudah pantas menerima banyak reword dari berbagai pihak.

Editor : Wanda Nurma Saputri
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini