Tim PKM UNP Hadirkan AR-Qu, Aplikasi Pembelajaran Al-Quran Revolusioner

×

Tim PKM UNP Hadirkan AR-Qu, Aplikasi Pembelajaran Al-Quran Revolusioner

Bagikan berita
Tim PKM UNP Hadirkan AR-Qu, Aplikasi Pembelajaran Al-Quran Revolusioner
Tim PKM UNP Hadirkan AR-Qu, Aplikasi Pembelajaran Al-Quran Revolusioner

KUPASONLINE.COM - Untuk membantu anak-anak di kelas II SDIT Nurul Ikhlas di Kecamatan Padang Utara Kota Padang, tim Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat (PKM-PM) Universitas Negeri Padang (UNP) meluncurkan program inovasi media pembelajaran Al-Qur'an bernama Aplikasi Aungmented Reality Al-Qur'an (AR-Qu). Mahasiswa UNP merancang program inovasi ini sebagai bagian dari Program Kreativitas Mahasiswa tahun 2024.

Aninda Putri Riyanti (Pendidikan Agama Islam 2022), Meiliza Aulia (Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2022), Alvin Ilham (Pendidikan Teknik Informatika 2023), Yosima Nur Ilma (Pendidikan Agama Islam 2022), dan Labib Althaf (Informatika 2023) bertanggung jawab atas Program Kreativitas Mahasiswa ini, dengan dosen pendamping Dr. Mukhlidi Muskhir, S. Pd, M. Kom. dari Departemen Pendidikan Teknik Elektro di Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang (FT UNP).

Menurut Aninda dalam proses pelaksanaannya program Inovasi media pembelajaran Al-Qur'an dirancang khusus untuk mengedukasi mengenai pembelajaran Al-Qur'an berupa makharijul huruf dan huruf hijaiyah dengan berbentuk Aplikasi yang bernama Augmented Reality Al-Qur'an (AR-Qu) dengan konsep Pendidikan.

"Pembelajaran huruf hijaiyah dan makhorijul huruf sangat penting karena menjadi dasar-dasar untuk pembelajaran Al-Qur’an selanjutnya, namun dalam prosesnya siswa belum mampu memahami dan menyebutkan makhorijul huruf dan huruf hijaiyah yang baik dan benar, dikarenakan media pembelajaran yang monoton dan kurang efektif sehingga materi yang disampaikan sulit untuk dipahami oleh siswa," kata Aninda Putri Riyanti melalui keterangan tertulis yang diterima Humas UNP, Kamis (18/7/2024).

Menanggapi permasalahan tersebut lanjut Aninda, Tim PKM UNP mempersembahkan "AR-Qu: Inovasi Aplikasi Augmented Reality untuk Pembelajaran Al-Qur'an pada Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar."

Lebih lanjut Ketua Tim PKM-PM AR-Qu itu berharap, aplikasi ini dapat membantu meningkatkan kualitas pembelajaran Al-Qur'an di sekolah dasar, khususnya dalam pengenalan huruf hijaiyah dan makharijul huruf.(*)

Baca berita terkait Kampus UNP lainnya di Google News

Editor : Wanda Nurma Saputri
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini