Dua Puluh Mahasiswa UIN Imam Bonjol Ikuti Program Student Mobility di Turki dan Australia

×

Dua Puluh Mahasiswa UIN Imam Bonjol Ikuti Program Student Mobility di Turki dan Australia

Bagikan berita
Dua Puluh Mahasiswa UIN Imam Bonjol Ikuti Program Student Mobility di Turki dan Australia
Dua Puluh Mahasiswa UIN Imam Bonjol Ikuti Program Student Mobility di Turki dan Australia

KUPASONLINE.COM - Rektor UIN Imam Bonjol Padang, Prof. Dr. Hj. Martin Kustati M.Pd, melepas dua puluh mahasiswa untuk mengikuti Program Student Mobility di Istanbul Foundation, Istanbul, Turki, dan Sydney, Australia. Mahasiswa yang terpilih untuk program ini melalui seleksi ketat dalam acara Student of Imam Bonjol Academic Community – Smart Internship Program (SIBac-sip) 2024.

Pada acara pelepasan yang digelar bersamaan dengan apel mingguan karyawan UIN Imam Bonjol, Rektor menyampaikan bahwa ini adalah kesempatan emas bagi mahasiswa untuk memperoleh pengalaman akademik dan budaya, terutama di Turki yang terkenal dengan sejarahnya yang gemilang hingga saat ini. Martin berharap mahasiswa dapat memanfaatkan kesempatan singkat ini untuk mendalami ilmu dan pengalaman pendidikan di sana agar dapat diterapkan di Indonesia nantinya.

Rektor juga menyampaikan kepada seluruh mahasiswa yang mendapatkan kesempatan untuk mengikuti short course baik di turkiye maupaun di Australia agar menerima dan menghormati budaya yang ada di negara tersebut sembari tetap menjaga budaya negeri kita terutama budaya Minangkabau. “Ambil yang positif tinggal kan yang tidak baik” pungkas Martin.

Selain itu rektor juga berharap “kehadiran mahasiswa di sana bisa menjadi peluang nantinya untuk mendapatkan beasiswa dan rekomendasi dari professor disana untuk melanjutkan studi di turkiye”.

Mereka yang diberikan kesempatan Short Course di Istanbul Foundation, Turki adalah Muhammad Hidayat Putra (KPI, FDIK), Fakhrul Haq (SPI, FAH), M. Taufik (PBA, FTK), Seppi Mustion, (S2 Eksya, Pasca), Rabiul Farra Taskiyatun (BSA, FAH), Shoofiyah Alliyah (KPI, FDIK), Nesha Chania (PAI, FTK), Aifanisa Rahman (PBA, FTK), Charissa Myla Utama (IAT, Fusa) yang akan didampingi oleh Dr. Muhammad Taufik dan Dr. Husnul Hamdi.

Adapun yang diberi kesempatan untuk ke Australia adalah Muhammad Yazid Yaskur (BSA, FAH), Muhammad Aufa Ibnu Faizal (KPI, FDIK), Arya Bisma Nugraha (PAI, FTK), Salman Shiddiq (PAI, FTK), Muhammad Fajar (PAI, FTK), Okta Farhan Syahendra (Tadris Fisika, FTK), Nurul Izzati Husni (SPI, FAH), Nabilla Arsya Amara (KPI, FDIK), Putri Diani Sausan (Persya, FEBI), Azizah Mardatillah (TBI, FTK).

Program Student Mobility (SMP) UIN Imam Bonjol Padang diberi nama Smart Internship Program (SIBac-sip) 2024. Sementara UIN Sunan Kalijaga menawarkan Kalijaga International Student Mobility Award (KISMA), UIN Imam Bonjol Padang menawarkan SIBac-sip. Selain ke Turki, mahasiswa yang terpilih lainnya akan memiliki kesempatan untuk mengikuti kursus singkat di Sydney, Australia. Kelas ini akan dimulai di pertengahan bulan September.(*)

Baca berita terkait Kampus UIN Imam Bonjol Padang lainnya di Google News

Editor : Wanda Nurma Saputri
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini