UIN Imam Bonjol Sambut Dua Tamu Istimewa, Kuliah Umum Dr. Muhammad Fidaa Bahjat dan Prof. Dr. Talip Kucukcan

×

UIN Imam Bonjol Sambut Dua Tamu Istimewa, Kuliah Umum Dr. Muhammad Fidaa Bahjat dan Prof. Dr. Talip Kucukcan

Bagikan berita
UIN Imam Bonjol Sambut Dua Tamu Istimewa, Kuliah Umum Dr. Muhammad Fidaa Bahjat dan Prof. Dr. Talip Kucukcan
UIN Imam Bonjol Sambut Dua Tamu Istimewa, Kuliah Umum Dr. Muhammad Fidaa Bahjat dan Prof. Dr. Talip Kucukcan

KUPASONLINE.COM - Jumat, 6 Juli 2024, UIN Imam Bonjol menerima dua tamu istimewa: Dr. Muhammad Fidaa Bahjat dari Arab Saudi, keturunan Syaikh Khatib Al-Minangkabawi, dan Prof. Dr. Talip Kucukcan, Duta Besar Turki untuk Indonesia. Dua sesi kuliah umum diadakan untuk menyambut dan berbagi pengetahuan dengan tamu istimewa tersebut.

Terima kasih kepada Prof. Dr. Mohammad Fida Bahjat

kuliah umum dan sambutan pertama kepada Prof. Dr. Mohammad Fida Bahjat dilakukan pagi hari. Prof. Dr. Hj. Martin Kustati, M.Pd, rektor UIN Imam Bonjol, merasa senang dengan kedatangan salah satu keturunan Syaikh Ahmad Khatib Al Minangkabawi.

Rektor mengatakan bahwasanya Syaikh Ahmad Khatib mempunyai pengaruh yang luar biasa dalam perkembangan dunia Islam di Indonesia, terlihat dari Murid-murid beliau yang menjadi ulama terkenal dan pendiri organisasi ke Islaman yang ternama di Indonesia diantaranya K.H Hasyim Asyari pendiri Nahdhatul Ulama, Syaikh Ahmad Dahlan, pendiri Muhammadiyyah serta Dr. Abdul Karim Amrullah yang lebih dikenal dengan buya Hamka.

Dalam kuliah umum yang dilaksanakan di Kampus 3 UIN Imam Bonjol Padang, Sungai Bangek, Prof. Dr. Mohammad Fida Bahjat menyampaikan bahwa Kebenaran Islam melalui Al-Quran mencakup segala aspek kehidupan termasuk dalam bidang ekonomi. Bahjat menyampaikan bahwasanya solusi dari ketimpangan ekonomi dunia saat sekarang ini tidak lain hanyalah Islam.

Dr. Bahjat mengingatkan pentingnya niat mencari ke ridha-an Allah dalam memulai untuk berbisnis dan selalu berbuat baik dan tidak melakukan kerusakan seperti halnya prinsip-prinsip ekonomi kapitalis saat sekarang ini yang lebih ingin meraup keuntungan untuk diri sendiri dan kelompok tanpa memperhatikan kemaslahatan khalayak ramai.

Prof. Dr. Mohammad Fida Bahjat adalah seorang Professor di Universitas King Abdul Aziz, Jeddah. Tidak hanya sebagai pendidik, beliau juga merupakan praktisi di bidang Akutansi dan Bisnis serta memimpin beberapa Komite Nasional negara Arab Saudi dalam hal Akutansi dan Bisnis.

Kedatangan Duta Besar Turki Untuk Indonesia

Sesi kedua Kuliah Umum diberikan oleh Prof Dr. Talip Kucukcan. Dalam kuliahnya, menyampaikan pentingnya mendalami Islam serta melihat Islam dari sudut pandang yang berbeda, sehingga hal tersebut semakin menambah keyakinan bahwasanya Islam merupakan solusi dalam berbagai lini kehidupan.

Talip juga menyampaikan bahwa adanya perubahan pandangan barat terhadap Islam, yang dahulunya negatif menjadi lebih baik.

Talip mengatakan bahwa tujuan dari diskusi kuliah umum ini adalah “Sosiologi Islam”,

agar kita lebih banyak membaca buku-buku tentang Islam yang Berasal dari Barat sendiri, ia menggunakan sudut pandang Orientalis, karena menurutnya buku-buku yang berasal dari Orientalisme menjelaskan Islam dari sudut pandang yang sama sekali berbeda.

Editor : Wanda Nurma Saputri
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini