Deni Asra, Pekan Budaya Aktivitas Berjenjang dari Nagari hingga Kecamatan

×

Deni Asra, Pekan Budaya Aktivitas Berjenjang dari Nagari hingga Kecamatan

Bagikan berita
Deni Asra ketika menghadiri penutupan Pekan Budaya kabupaten Limapuluh Kota, Jumat malam 5 Juli 2024.
Deni Asra ketika menghadiri penutupan Pekan Budaya kabupaten Limapuluh Kota, Jumat malam 5 Juli 2024.

KUPASONLINE.COM - Ketua DPRD kabupaten Limapuluh Kota Deni Asra menyebutkan Pekan Kebudayaan yang kita selenggarakan selama 5 hari di lokasi yang menakjubkan ini, merupakan serangkaian aktivitas berjenjang dari nagari hingga kecamatan.

"Kegiatan yang kita suguhkan ketengah masyarakat luas ini terdiri atas kompetisi daerah, konferensi pemajuan kebudayaan, ekshibisi, dan pergelaran karya budaya dengan tujuan melestarikan budaya Indonesia,"ujar Deni Asra ketika menghadiri penutupan Pekan Budaya kabupaten Limapuluh Kota, Jumat malam 5 Juli 2024.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini, kami berharap dengan adanya Pekan Budaya bisa melestarikan tradisi, adat dan budaya masyarakat Limapuluh Kota secara luas.

Wajib bagi kita semua untuk melestarikan adat dan budaya. Inilah tujuan dari Pekan Budaya. Jadikan juga pekan budaya tahun ini sebagai evaluasi untuk pelaksaan pekan budaya tahun berikutnya.

"Untuk itu, apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pemerintah daerah bersama perangkat daerah terkait. Dari awal kami lihat pekan budaya yang berlokasi di RTH sukses diselenggarakan, terbukti antusias masyarakat yang datang maupun yang berkonstribusi cukup banyak,”ujar Deni Asra.

Pekan Kebudayaan Limapuluh Kota tahun 2024 itu, resmi ditutup bupati Safaruddin Dt Bandaro Rajo. Penutupan pekan budaya berlangsung sangat meriah, hal itu terlihat dari animo masyarakat yang datang untuk menyaksikan acara penutupan pekan budaya yang berlangsung di RTH Mahkota Berlian, IKK Sarilamak, Jumat malam, 5 Juli 2024.

Meski diguyur hujan, pagelaran iven tahunan Pekan Budaya kabupaten Limapuluh Kota selama 5 hari berturut-turut tumpah ruah dikunjungi masyarakat.

Kemeriahan itu tidak hanya pada penutupan, namun selama kegiatan acara berlangsung masyarakat juga antusias mengikuti rangkaian lomba masing-masing kecamatan. Pada acara kegiatan penutupan, panitia sekaligus merangkai acaranya dengan menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba.

Selama lima hari pelaksanaan pekan budaya, ditampilkan berbagai kesenian tradisional, kuliner, dan lomba-lomba yang berkaitan dengan adat kebudayaan Limapuluh Kota serta pameran yang diikuti instansi pemerintahan, BUMD dan swasta.

Pada kesempatan yang sama, bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan Pekan Budaya bukan sekedar pergelaran yang muncul tiba-tiba saja. Melainkan implementasi dari penjabaran visi misi daerah. Yaitu Mewujudkan Limapuluh Kota yang Madani, Beradat dan Berbudaya dalam Kerangka Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah.

Editor : Wanda Nurma Saputri
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini