Tim PKM RSH Psychofusion UNP Analisis Kebutuhan Remaja untuk Kedekatan dengan Keluarga

×

Tim PKM RSH Psychofusion UNP Analisis Kebutuhan Remaja untuk Kedekatan dengan Keluarga

Bagikan berita
Tim PKM RSH Psychofusion UNP Analisis Kebutuhan Remaja untuk Kedekatan dengan Keluarga
Tim PKM RSH Psychofusion UNP Analisis Kebutuhan Remaja untuk Kedekatan dengan Keluarga

KUPASONLINE.COM - Untuk kegiatan need assessment analysis, tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Riset Humaniora Psychofusion di Universitas Negeri Padang (UNP) menggunakan open ended questionnaire dan Forum group discussion (FGD).

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memahami kebutuhan remaja untuk menjalin hubungan yang lebih dekat dengan keluarga. Mereka sedang mengerjakan proyek PKM, dan analisis ini merupakan bagian penting dari proses pengumpulan data.

Dua sekolah dan satu universitas melakukan analisis kebutuhan evaluasi. Pada 14 Mei 2024, SMKS Dhuafa Padang menjadi lokasi pertama. Pada 28 Mei 2024, SMPN 17 Padang menggunakan metode kuesioner terbuka, dan pada 9 Juni 2024, Fakultas Psikologi dan Kesehatan UNP menggunakan metode Focus Group Discussion (FGD).

Kegiatan sosialisasi dan pengumpulan data ini diikuti oleh 30 siswa kelas 2 SMK, 25 siswa kelas 7 SMP, dan 9 mahasiswa perwakilan dari berbagai fakultas di UNP.

Tim PKM ini terdiri dari lima mahasiswa UNP, yaitu Sella Twuentika sebagai Ketua Tim PKM, bersama Atika Hulva Trirahma, Assyifa Herbi Nuari, Elsya Wira Agnesia, dan Diva Khairunnisa Sambodo. Need assessment ini bertujuan untuk menggali lebih dalam mengenai kebutuhan remaja dalam menjalin hubungan kedekatan dengan keluarga.

Beberapa fokus utama dari kuesioner terbuka yang diajukan meliputi kebutuhan remaja untuk bisa menjalin hubungan relasi yang dekat, kegiatan yang dianggap nyaman dan menyenangkan bersama keluarga, alasan remaja merasa sulit berkomunikasi dengan anggota keluarga, serta pertanyaan lainnya yang relevan dengan hubungan keluarga.

Hasil dari need assessment ini akan dijadikan sebagai sumber data utama dalam penyusunan buku Psychofusion Family Harmony, yang merupakan output dari riset ini. Buku ini nantinya akan menjadi panduan interaktif bagi remaja untuk lebih dekat dengan keluarga, berdasarkan kebutuhan dan aspirasi yang mereka sampaikan langsung. Dengan melibatkan remaja secara langsung dalam proses pengumpulan data, tim PKM berharap dapat menciptakan panduan yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan realitas yang dihadapi remaja.

Hal ini diharapkan dapat membantu mereka untuk menjalin hubungan yang lebih harmonis dan erat dengan keluarga, serta mengatasi kendala komunikasi yang mungkin mereka hadapi.

Untuk mendukung hubungan keluarga yang harmonis dan saling mendukung, Tim PKM RSH Psychofusion UNP akan melakukan beberapa penelitian.(*)

Baca juga berita Kampus UNP lainnya di Google News

Editor : Wanda Nurma Saputri
Bagikan

Berita Terkait
Terkini