Bupati Safaruddin : Inovasi Budikdamber Mampu Tingkatkan Ketahanan Pangan

×

Bupati Safaruddin : Inovasi Budikdamber Mampu Tingkatkan Ketahanan Pangan

Bagikan berita
Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt.Bandaro Rajo sesaat sebelum menyerahkan bantuan dan peralatan budikdamber di UPTD SD 01 Nagari Taeh Baruah, baru-baru ini.
Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt.Bandaro Rajo sesaat sebelum menyerahkan bantuan dan peralatan budikdamber di UPTD SD 01 Nagari Taeh Baruah, baru-baru ini.

KUPASONLINE.COM -Satu diantara inovasi yang dikembangkan pemerintah daerah kabupaten Limapuluh Kota yakni budidaya ikan dalam ember (budikdamber) yang disinergikan dengan tanaman sayuran, dinilai efisien karena bisa ditempatkan di lahan sempit.

“Selain efisiensi lahan, budikdamber dinilai mampu meningkatkan ketahanan pangan dan tentu saja ramah lingkungan karena tidak memerlukan tambahan pupuk selama pemeliharaannya,”kata bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt.Bandaro Rajo sesaat sebelum menyerahkan bantuan dan peralatan budikdamber di UPTD SD 01 Nagari Taeh Baruah, baru-baru ini.

Saat pemberian bantuan, bupati didampingi ketua TP PKK Nevi Safaruddin, anggota DPRD terpilih Provinsi Sumbar Ilson Chong, kepala DPMDN Endra Amzar, kepala Dinas Perikanan Siswanto, dan camat Payakumbuh Wifrianto.

Dijelaskan bupati Safaruddin, intervensi stunting dan pengentasan kemiskinan ekstrim masih jadi titik fokus kinerja pemerintah kabupaten Limapuluh Kota

Bantuan kali ini total 20 Kepala Keluarga (KK) di nagari Taeh Baruah. Masing-masing KK menerima bantuan budikdamber yang terdiri dari ember, bibit ikan, pakan, perikanan dan saru kantong sayuran. Tidak hanya diberikan alat, Pemkab Limapuluh Kota melalui Dinas Perikanan turut menyelenggarakan pelatihan tentang metode penggunaan bagi masyarakat penerima manfaat.

Dengan memanfaatkan pekarangan lahan rumah pun, sebut bupati Safaruddin bisa memelihara ikan yang nantinya dapat menghasilkan untuk meningkatkan nilai ekonomi keluarga, sehingga kemiskinan ekstrim bisa teratasi.

"Bantuan paket budikdamber diharapkan bisa mengurangi beban pengeluaran rumah tangga dan memenuhi kecukupan gizi keluarga khususnya protein hewani terutama bagi balita yang terindikasi stunting," tambahnya.

Pada bagian lain sambutannya, bupati Safaruddin juga mengingatkan, metode budikdamber sesuai dengan nasehat 'Urang Gaek' (Orang tua) dulu untuk 'Tanam nan bapucuak, Paliharo nan banyawo' dengan memaksimalkan lingkungan sekitar rumah.

"Untuk itu, kami mengimbau masyarakat Taeh Baruah khususnya untuk kembali mengaktifkan lahan kolam ikan yang tidak difungsikan dalam beberapa waktu belakangan dan Ia menyampaikan jika Dinas Perikanan siap membantu perbaikan kolam tersebut,"ulasnya.

Sebelumnya Walinagari Taeh Baruah Indra Mulyadi bersyukur atas bantuan pemerintah kabupaten Limapuluh Kota yang menyasar langsung masyarakatnya. Penentuan penerima bantuan ini lanjut Indra sangat tepat sasaran demi menjaga ketahanan pangan keluarga utamanya masuk dalam kategori kemiskinan ekstrim.

Editor : Sri Agustini
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini