Warga Tanjung Pauh, Pukau Masyarakat dengan Lasak Bana

×

Warga Tanjung Pauh, Pukau Masyarakat dengan Lasak Bana

Bagikan berita
Anak nagari Tanjuang Pauah, kecamatan Pangkalan Koto Baru, kabupaten Limapuluh Kota berhasil "memukau" masyarakat dengan festifal Lasak Bana (Laju Sampan Kayu Baralek Anak Nagari Tanjung Pauh), dibuka bupati setempat Sabtu 29 Juni 2024.
Anak nagari Tanjuang Pauah, kecamatan Pangkalan Koto Baru, kabupaten Limapuluh Kota berhasil "memukau" masyarakat dengan festifal Lasak Bana (Laju Sampan Kayu Baralek Anak Nagari Tanjung Pauh), dibuka bupati setempat Sabtu 29 Juni 2024.

KUPASONLINE.COM -Anak nagari Tanjuang Pauah, kecamatan Pangkalan Koto Baru, kabupaten Limapuluh Kota berhasil "memukau" masyarakat dengan festifal Lasak Bana (Laju Sampan Kayu Baralek Anak Nagari Tanjung Pauh). Kegiatan festifal pertama kali itu, dibuka bupati setempat Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, Sabtu, 29 Juni 2024.

Turut hadir dalam pembukaan festival, kepala Dinas Parpora Syukri Anda, kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Afri Efendi, kepala Dinas Kesehatan Yulia Masna, kepala Dinas Perikanan Siswanto, unsur Forkopimca, Wakil Ketua Baznas Nursal, Walinagari Tanjuang Pauah Dalpen Aperta, dan sejumlah Walinagari se-kecamatan Pangkalan.

Diselenggarakan di destinasi objek wisata yang berlokasi di danau Buatan PLTA di Jorong Pasar Puyuh, Festival itu tidak hanya menyuguhkan pacu sampan, para wisatawan dapat menikmati jalan-jalan mengitari berbagai spot menarik yang tersedia di kawasan danau buatan menggunakan perahu yang dihias dengan berbagai ornamen-ornamen unik.

Festival tersebut juga disuguhkan kuliner-kuliner khas Nagari Tanjung Pauh yang diproduksi langsunh oleh ibu-ibu PKK di stand yang sudah disediakan.

Dalam kesempatan itu, Walinagari Tanjuang Pauah Dalpen Aperta mengapresiasi setinggi-tingginya unsur terkait yang bahu membahu bekejasama dan bergotong royong untuk mensukseskan festival Lasak bana.

Tanjuang Pauah memiliki potensi pariwisata kawasan danau yang tidak dimiliki nagari lain di kabupaten Limapuluh Kota. Dengan dibukanya festival ini, kami harapkan para wisatawan dapat menikmati keindahan dan keberagaman flora dan fauna yang ada di danau buatan.

"Festival yang berhasil "memukau" masyarakat luas ini diharapkan dapat disokong penuh oleh pemerintah daerah dengan memasukannya ke kalender iven kabupaten Limapuluh Kota,"harap Dalpen.

Kemudian, bupati Limapuluh Kota Sadaruddin Dt. Bandaro Rajo mengarakan terselenggaranya festival Lasak Bana memiliki efek berganda bagi Nagari Tanjuang Pauah, ini merupakan destinasi pariwisata baru untuk menarik kedatangan wisatawan, festival ini akan bermanfaat untuk menjaga pelestarian lingkungan alam di sekitaran danau buatan yang merupakan potensi khas Nagari Tanjuang Pauah.

Terselenggaranya festival itu diharapkan dapat terselenggara secara konsisten diadakan dengan catatan ketinggian nilai adat dan budaya dalam kegiatan ini harus dilestarikan secara turun-temurun kepada generasi penerus.

"Masukan kami kepada masyarakat Tanjung Pauh, narasi festival Lasak Bana harus ditulis komprehensif dan lengkap. Tujuannya agar lebih mudah menurunkannya ke generasi yang akan datang,"tambah bupati Safaruddin. (nura)

Editor : Sri Agustini
Bagikan

Berita Terkait
Terkini