Polres Pasaman Barat Gelar Penanaman 1.000 Pohon di Pantai Muaro Sasak

×

Polres Pasaman Barat Gelar Penanaman 1.000 Pohon di Pantai Muaro Sasak

Bagikan berita
Polres Pasaman Barat Gelar Penanaman 1.000 Pohon di Pantai Muaro Sasak
Polres Pasaman Barat Gelar Penanaman 1.000 Pohon di Pantai Muaro Sasak

KUPASONLINE.COM -- Berbagai rangkaian kegiatan dalam menyambut Hari Bhayangkara ke-78 tahun 2024 terus digelar oleh Polres Pasaman Barat, salah satunya giat Bakti Sosial Kepedulian Lingkungan Penanaman 1000 pohon yang dilaksanakan di Pantai Muaro Sasak yang berada di Jorong Pasa Lamo Nagari Ranah Pasisie, Kecamatan Sasak Ranah Pasisie, Kamis (27/6/2024).

Kapolres Pasaman Barat AKBP Agung Tribawanto. S.Ik mengatakan, penanaman 1.000 pohon merupakan bagian dari kegiatan Polres Pasaman Barat dalam rangka Hari Bhayangkara ke-78 tahun 2024. Giat Penanaman 1.000 pohon bertujuan untuk melestarikan lingkungan serta menjaga ekosistem lingkungan khususnya didaerah pesisir pantai.

"Hari ini kami telah menanam sebanyak 1.800 bibit pohon di sepanjang Pantai Muaro Sasak Jorong Pasa Lamo, yang terdiri dari masing-masing tanaman yaitu petai sebanyak 300 batang, jengkol 300 batang, gaharu 500 batang, pinang 400 batang, bayur 200 batang dan pinus 100 batang," ujarnya.

Diterangkan, penanaman bibit pohon ini bertujuan untuk mencegah abrasi disekitar Pantai Muaro Sasak Nagari Ranah Pasisie, Kecamatan Sasak Ranah Pasisie, sedangkan untuk penanaman disesuaikan dengan jenis pohon yang akan ditanam," terangnya.

"Melalui kegiatan penanaman pohon ini, tentunya dapat menjadi daya tarik para wisatawan baik dari dalam maupun luar Kabupaten Pasaman Barat untuk berkunjung dan menikmati keindahan alam Pantai Muaro Sasak Kecamatan Sasak Ranah Pasisie, serta dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar pantai dalam Usaha Kecil Menengah (UKM)," terangnya.

Sementara itu, Bupati Pasaman Barat Hamsuardi menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kapolres Pasaman Barat dan jajaran serta Instansi terkait lainnya yang telah hadir dalam mendukung suksesnya pelaksanaan kegiatan penanaman 1.000 pohon secara serentak pada hari ini. Ia mengajak kepada masyarakat dan para generasi muda untuk bersama-sama menjaga dan melestarikan lingkungan.

"Melalui program dari Kapolri ini, dapat menumbuhkan rasa cinta dan kepedulian terhadap kelestarian lingkungan serta menjaga Ekosistem pesisir pantai yang juga menjadi salah satu destinasi wisata yang sering ramai dikunjungi oleh masyarakat," tuturnya.

Dalam kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Pasaman Barat AKBP Agung Tribawanto. S.Ik, dan turut dihadiri oleh Bupati Pasaman Barat Bapak Hamsuardi, Dandim 0305/Pasaman Letkol Inf. Putra Negara, Kajari Pasaman Barat Dr. M. Yusuf Putra, S.H., M.H, Kadis Pariwisata, Camat Sasak Ranah Pasisie Yeni Tunida, Wali Nagari Ranah Pasisie Zulwilson, Niniak Mamak, tokoh masyarakat Nagari Ranah Pasisie.

Selain itu, juga dihadiri oleh Pejabat Utama (PJU) Polres dan personel Polres Pasaman Barat, Kapolsek Pasaman AKP Defrizal, Danki Brimob Batalyon B Pelopor Polda Sumatera Barat, Danramil Simpang Empat, Kapolpos Sasak Aipda Nelfides, Kapolpos Maligi Aiptu Zalman dan Bhabinkamtibmas Sasak Aipda Eko Hendria, personel Babinsa Nagari Sasak, personil Polres Pasaman Barat dan Polsek Pasaman serta anggota Saka Bhayangkara Polres Pasaman Barat. (Dedi)

Baca berita terkait Kota Padang lainnya di Google News

Editor : Wanda Nurma Saputri
Bagikan

Berita Terkait
Terkini