PSPK Apresiasi Program Beasiswa Perguruan Tinggi Pemkab Pessel

×

PSPK Apresiasi Program Beasiswa Perguruan Tinggi Pemkab Pessel

Bagikan berita
PSPK Apresiasi Program Beasiswa Perguruan Tinggi Pemkab Pessel
PSPK Apresiasi Program Beasiswa Perguruan Tinggi Pemkab Pessel

KUPASONLINE.COM - Pusat Studi Pendidikan dan Kebijakan (PSPK), yayasan yang bekerja sama dengan Kemendikbud Ristek, mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan yang dinilai sukses berkolaborasi dengan Pemprov Sumbar dan perguruan tinggi.

“Ini perdana dilakukan oleh kepala daerah di Indonesia,” ujar Inisiator PSPK, Qonita Beldatis saat audiensi dengan Bupati Pessel Rusma Yul Anwar di Pendopo Ruman Dinas Bupati Pessel, Jumat 21 Juni 2024.

Menurut Qonita, program kolaboratif antara pemerintah daerah (kabupaten) dan pemerintah provinsi merupakan hal baru. Di mana, dalam hal ini pemerintah daerah proaktif terhadap jenjang pendidikan generasinya sehingga kolaborasi tercipta.

Qonita menyebutkan, bahwa pihaknya memang berkeliling Indonesia memperhatikan dan memberikan support terhadap kepala daerah untuk pengembangan pendidikan. Namun, kata dia, tidak banyak kepala daerah berminat berinvestasi di sektor pendidikan, karena dampaknya tidak langsung dirasakan oleh masyarakat.

“Sebenarnya memang kebijakan yang tidak populer bagi kepala daerah, tapi dampaknya akan dirasakan 10 hingga 15 tahun ke depan, karena ini investasi jangka panjang,” ujarnya.

Lebih lanjut Qonita mengungkapkan, PSPK dan Pemkab Pessel telah berkolaborasi dalam gerakan Lingkar Daerah Belajar (LDB) sejak

Bupati Pessel Rusma Yul Anwar mengatakan, gerakan kolaboratif yang dilakukan merupakan upaya perbaikan dini terhadap kondisi ekonomi masyarakat melalui sektor pendidikan.

“Jika pendidikan baik maka ekonomi akan membaik, itu yang mau kita wujudkan,” terangnya.

Ia menyadari bahwa kebijakan ini bukanlah sesuatu yang populer, namun mesti dilakukan jika membenahi kemajuan dis ektor pendidikan yang nantinya bakal berdampak ke sektor perekonomian.

Rusma juga menyebutkan, salah satu kolaborasi yang dilakukan ialah melalui program beasiswa kepada anak-anak Pessel untuk menempuh jenjang Pendidikan tinggi di Universitas Andalas (Unand).

Editor : Wanda Nurma Saputri
Bagikan

Berita Terkait
pemko padang
Terkini